Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
system persamaan linier dua variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan mengetahui
faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif,
melibatkan 30 siswa dari kelas X Farmasi A di SMK Bintang Nusantara. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu metode tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Lima kesalahan yang
dilakukan oleh siswa adalah kesalahan membaca dengan persentase terkecil yaitu 5,33%;
kesalahan memahami dengan persentase terbesar yaitu 47%; kesalahan transformasi dan encoding
dengan persentase yang sama yaitu 30,33%; dan kesalahan keterampilan proses dengan persentase
34%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal antara
lain: siswa terlalu cepat dan terburu-buru dalam membaca soal; tidak memperhatikan simbol,
satuan mata uang, nominal mata uang dan bilangan; kurang terlatih dalam mengerjakan soal cerita
matematika secara urut; kurang memahami materi yang telah dipelajari; kurang teliti dalam
menyelesaikan soal; tidak terbiasa memeriksa kembali hasil pekerjaan; dan lupa menulis
kesimpulan dari soal.