• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.330Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Marfu’ah, Ikhrom
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linier dua variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, melibatkan 30 siswa dari kelas X Farmasi A di SMK Bintang Nusantara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Lima kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan membaca dengan persentase terkecil yaitu 5,33%; kesalahan memahami dengan persentase terbesar yaitu 47%; kesalahan transformasi dan encoding dengan persentase yang sama yaitu 30,33%; dan kesalahan keterampilan proses dengan persentase 34%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal antara lain: siswa terlalu cepat dan terburu-buru dalam membaca soal; tidak memperhatikan simbol, satuan mata uang, nominal mata uang dan bilangan; kurang terlatih dalam mengerjakan soal cerita matematika secara urut; kurang memahami materi yang telah dipelajari; kurang teliti dalam menyelesaikan soal; tidak terbiasa memeriksa kembali hasil pekerjaan; dan lupa menulis kesimpulan dari soal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10192
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV