Kontribusi KKN Dalam Pengembangan Soft Skills Mahasiswa
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah suatu fenomena bahwa kesuksesan lulusan Pergurun Tinggi dalam
dunia kerja tidak cukup hanya berbekal pada kemampuan akademik dari bidang studinya saja, melainkan
memerlukan bekal tambahan yaitu soft skills. Tujuan dari penelitian adalah dapat menemukan kontribusi
pelaksanaan KKN-DIK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
khususnya terhadap pengembangan soft skill mahasiswa.Tempat penelitian adalah Desa Jatikuwung
Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Sebagai subyek penelitian adalah Pimpinan Ranting dan
Cabang Muhammadiyah,„Aisyiyah khususnya dan warga masyarakat desa Jatikuwung pada umumnya.
Metode penelitian yang dilakukan dengan metode survei disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa KKN-Dik UMS mampu memberi kontribusi bagi pengembangan soft skill
mahasiswa. Contoh soft skill yang diperoleh adalah mahasiswa memiliki keberanian untuk berkomunikasi
kepada masyarakat di semua tingkat usia, juga kepada pejabat, instansi atau pimpinan organisasi yang ada
di masyarakat. Mahasiswa memiliki keberanian menjadi pembicara dalam penanggulangan masalah
narkoba. Mahasiswa ada keberanian untuk menjadi tentor dalam bimbingan belajar di semua kelas. Bagi
masyarakat kegiatan ini memotivasi kebersamaan dalam pembangunan. Bagi lembaga Universitas
Muhammadiyah Surakarta dapat sebagai media promosi untuk seluruh program studi.