dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan pembelajaran akuntansi
kontekstual yang dilakukan guru-guru akuntansi di SMA Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan
pendekatan research and development. Subyek penelitian guru-guru akuntansi di SMA Kota Surakarta.
Metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan pelaksanan pembelajaran akuntansi kontekstual dilakukan dengan:
(a)Kegiatan pembelajaran didesain sedemikian rupa dengan menekankan kepada proses keterlibatan siswa
untuk menemukan materi, mendorong siswa untuk dapat menemukan hubungan antara materi yang
dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, dan mendorong siswa untuk dapat menerapkan pengetahuannya
dalam kehidupan. (b)kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti dan
Penutup. Kegiatan inti dijabarkan dalam kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. | id_ID |