dc.description.abstract | Pendidikan di era digital saat menuntut pembelajaran yang tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi
pembelajaran yang terlibat langsung dengan obyek yang dipelajari. Pembelajaran dikelas hanya akan
menutut mahasiswa untuk mencatat, menghafal bahkan mendengarkan materi pendidikan oleh karena itu
perlu adanya inovasi pembelajaran terutama dalam pembelajaran pendidikan akuntansi. Salah satunya
adalah Interaksi edukatif pada pembelajaran akuntansi melalui living laboratory dimana kegiatan proses
pembelajaran ini melibatkan pihak lain sehingga mahasiswa dapat menerapkan pembelajaran yang sudah
diberikan didalam kelas untuk di aplikasikan secara langsung dalam dunia kerja. Pada penelitian ini pihak
yang dilibatkan adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terutama dikota Madiun. Tujuan utama
penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis industri (Living laboratory) pada beberapa mata
kuliah yang objeknya adalah industri UMKM oleh karena itu interaksi edukatif merupakan perpaduan dua
unsur yang memanfaatkan bahan ajar atau materi sebagai alat untuk mencapainya suatu proses
pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik porposive
sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sumber data
berasal dari industri UMKM yang digali langsung dengan cara identifikasi,pengolahan, perancangan dan
implementasi. Data diambil secara langsung dengan teknik wawancara serta didukung dengan data-data
sekunder dari berbagai sumber yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adanya pembelajaran berbasis industri (Living laboratory) diharapkan
mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang lebih tentang UMKM serta keberadaan UMKM ditinjau
dari aset dan omset serta kondisi administrasi dan keuangan dapat digunakan sebagai dasar untuk
memberikan informasi dalam menerapkan standar akuntansi keuangan dimana standar tersebut digunakan
sarana untuk menyiapkan informasi akuntansi. | id_ID |