Efektivitas Penggunaan E-Learning Quipper School Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital
Abstract
Pada era digitalisasi saat ini, telah terjadi proses perubahan dalam berbagai aspek bidang kehidupan
termasuk dalam bidang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Salah satu contoh proses
digitalisasi di dalam proses pembelajaran, yaitu diterapkannya media pembelajaran berbasis e-learning.
Media pembelajaran berbasis e-learning merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang interaktif,
yang memberikan dampak signifikan terhadap pemahaman peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi membuat para pendidik harus dapat
memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik dan mulai
meninggalkan pembelajaran dengan metode konvensional. Pembelajaran dengan metode konvensional
dianggap tidak relevan dengan Kurikulum 2013 yang diterapkan pemerintah saat ini, yang mana dalam
Kurikulum 2013, pendidik dituntut untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa saat proses
pembelajaran berlangsung. Adanya media pembelajaran berbasis digital dapat memberikan perubahan
terhadap pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran quipper school yang berbasis elearning.
quipper school adalah suatu layanan aplikasi e-learning gratis bagi guru dan siswa yang dapat
memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada siswa. Selain itu, siswa juga dapat menikmati
pembelajaran yang interaktif secara online. Penerapan media pembelajaran quipper school memudahkan
guru mengamati perkembangan peserta didik secara online. Penelitian ini menggunakan metode kajian
pustaka atau studi literatur, dimana penelitian dilakukan dengan menganalisis permasalahan berdasarkan
literatur yang telah ada. Berdasarkan hasil literatur yang telah dikaji, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media pembelajaran quipper school memiliki tingkat keefektifan yang signifikan dalam pembelajaran.
Maka dari itu, penggunaan media quipper school dapat digunakan serta dianjurkan dalam pembelajaran
berbasis digital guna mencapai tujuan pembelajaran yang interaktif.