Kajian Konseptual Model Blended Learning Berbasis Web Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
View/ Open
Date
2018-04Author
Pratiwi, Harning Triasih
Chasanah, Lailia Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini memaparkan kajian isi jurnal yang berasal dari beberapa hasil penelitian yang memfokuskan
pada model blended learning dan pembelajaran berbasis web. Metodologi dalam kajian ini berdasarkan
hasil jurnal penelitian yang ditelaah berdasarkan penelusuran database dari jurnal internasional antara lain
Education research International, Education Training Journal, The Internet and Higher Education
Journal, dll. Dalam artikel ini, jurnal yang dianalisis berjumlah kurang lebih 20 jurnal internasional yang
memfokuskan pada bahasan model blended learning berbasis web. Artikel ini memberikan pembahasan
berdasarkan pada ruang lingkup blended learning, konsep blended learning, metode penelitian dan konsep
pembelajaran web. Pengkajian artikel ini untuk acuan dalam penelitian selanjutnya. Hasil kajian konseptual
berdasarkan pada beberapa jurnal model blended learning berbasis web adalah pencampuran model
pembelajaran konvensional secara tatap muka dengan online menggunakan media berbasis web.
Harapannya siswa dapat berperan aktif dan dapat menunjukkan peningkatan hasil belajar. Peran guru hanya
sebagai mediator, fasilitator yang dapat membuat situasi menjadi kondusif dalam mencapai pengetahuan
pada peserta didik. Blended learning akan menguatkan model pembelajaran konvensional dalam
peningkatan teknologi pendidikan. Web merupakan salah satu media yang digunakan dalam blended
learning. Berdasarkan kajian jurnal dapat diperhatikan bahwa rata-rata hasil penelitian model blended
learning dan berbasis web dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar.