Show simple item record

dc.contributor.authorSumargiyani, S
dc.contributor.authorSetyawan, Fariz
dc.date.accessioned2018-08-01T02:02:17Z
dc.date.available2018-08-01T02:02:17Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAfoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2054–2058. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar (4th ed.). Rineka Cipta. Duha, A. K., Yerizon, Y., & Suherman, S. (2012). Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8– 12. Marlena, N., Dwijayanti, R., & Dewi, R. M. (2015). Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa pada Materi Konsep Diri Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 309–321). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Nisa, R., Musdi, E., & Jazwinarti, J. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–28. Setyawan, F. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP 5 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Materi Pokok Segitiga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar (9th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem) (11th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Usman, A. (2015). Using the Think-Pair-Share Strategy to Improve Students’ Speaking Ability at Stain Ternate. Journal of Education and Practice, 6(10), 37–46.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10217
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui model manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran TPS dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun Akademik (TA) 2017/2018.Populasi dalam penelitian sebanyak 90 mahasiswa dari kelas A dan kelas D. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang diperoleh kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas sampel. Untuk uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogeitas. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar persamaan diferensial antara yang mengunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t dua pihak diperoleh thitung(2,04)> t tabel(1,97). Penggunaan model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t satu pihak diperoleh t hitung (2,04)> t tabel(1,66).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Persamaan Diferensialid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record