dc.identifier.citation | Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2054–2058. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar (4th ed.). Rineka Cipta. Duha, A. K., Yerizon, Y., & Suherman, S. (2012). Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8– 12. Marlena, N., Dwijayanti, R., & Dewi, R. M. (2015). Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa pada Materi Konsep Diri Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 309–321). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Nisa, R., Musdi, E., & Jazwinarti, J. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–28. Setyawan, F. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP 5 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Materi Pokok Segitiga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar (9th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem) (11th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Usman, A. (2015). Using the Think-Pair-Share Strategy to Improve Students’ Speaking Ability at Stain Ternate. Journal of Education and Practice, 6(10), 37–46. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar persamaan diferensial
mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model
pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui model manakah yang lebih efektif antara model
pembelajaran TPS dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar persamaan
diferensial pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
Tahun Akademik (TA) 2017/2018.Populasi dalam penelitian sebanyak 90 mahasiswa dari kelas A
dan kelas D. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang diperoleh kelas A
sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas sampel. Untuk uji prasyarat dilakukan dengan
uji normalitas dan uji homogeitas. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes. Analisis data
menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar persamaan diferensial antara yang mengunakan model pembelajaran
konvensional dan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar persamaan diferensial
mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t dua pihak
diperoleh thitung(2,04)> t tabel(1,97). Penggunaan model pembelajaran TPS lebih efektif daripada
model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa
Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t satu pihak diperoleh t
hitung (2,04)> t tabel(1,66). | id_ID |