dc.contributor.author | Rahayuningrum, Anita | |
dc.contributor.author | Khasanah, Uswatun | |
dc.date.accessioned | 2018-08-01T02:29:06Z | |
dc.date.available | 2018-08-01T02:29:06Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Akhmad, Gheovani Puspa Adila. 2014. Efektivitas Pembelajarn Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII A SMP Negeri 1 Lamongan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Chamberlin dan Moon. (2008). How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics?. Diakses dari: http://www.cimt.plymoth.ac.uk/jurnal/chamberlin.pdf/ [13 September 2017, 23:17]. Chamberlin, S. A. (2008). Using Model Eliciting Activities to Investigate concept in statistics. Diakses dari: http://www.uwyo.edu/wisdome/_files/documents/chamberlin_coxbill.pdf/ [19 September 2017, 22:59]. Diani Rahma. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Lampung: Pendidikan Fisika IAIN Raden Intan Lampung. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. Marjan, Johari. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma. Mu’llimat Nahdlatul Wathan Pancor Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Singaraja: Pasca Sarjana Undiksha. Narayani, Dsk. Pt. Rimang. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Menurut Pendekatan Saintifik dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5. Singarja: Universitas Pendidikan Ganesha. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Santi, Ni Luh. 2013. Pengaruh Model Eliciting Activities terhadap Hasil Belajar Matematika Matematika Siswa Kelas V di SD N 1 Baturiti. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Widyastuti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. http://semnaspendmipa.files.wordpress.com/.../prosiding-seminarnasionalpendidikan- mipa-2011.pdf. (diakses pada tanggal 1 Oktober 2017) | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10219 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesaintifikan proses pembelajaran matematika
menurut pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dan mengetahui ada tidaknya perbedaan
hasil belajar Matematika siswa ditinjau dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada
siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan inferensial. Sampel
penelitian ini adalah proses pembelajaran Matematika siswa kelas VII SMP yang kebetulan
berlangsung pada saat penelitian ini dilakukan yaitu Persamaan Linear Satu Variabel. Data
kesaintifikan proses pembelajaran Matematika dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data
hasil belajar Matematika dikumpulkan dengan tes dan pedoman observasi. Data yang dikumpulkan
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran Matematika dengan pendekatan MEAs memiliki
kadar kesaintifikan sedang pada kelas eksperimen yaitu 32,93 dan kelas kontrol kadar
kesaintifikannya juga sedang yaitu 46,36, (2) berdasarkan hasil uji-t, antara kelompok kelas
eksperimen dan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai t hitung = −0,40 dan t0,025;62 = 1,998
akibatnya H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran MEAs identik
dengan pendekatan saintifik. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Analisis Proses Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |