Show simple item record

dc.contributor.authorPriyogo, Adi
dc.contributor.authorRiyadi, R
dc.contributor.authorSujadi, Imam
dc.date.accessioned2018-08-01T03:55:03Z
dc.date.available2018-08-01T03:55:03Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAli, M. dan Asrori, M., 2009. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta didik, Jakarta: Bumi Aksara. Clougherty, Bob. (2012) Learning A Matterof Style, tersedia di http://iweb.tntech.edu/rclougherty/, diakses tanggal 3 Januari 2018. Dedy, Setiawan dan Abdul, Rahman. 2013.Eksplorasi Proses KontruksiPengetahuan Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal Sainsmat. 2(2),140-152. DePorter, B & Hernacki, M., 2011. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Meilania, (2012). Gaya Belajar Anak: Styles of Learning, tersedia di www.indonesia-educenter.net/, diakses tanggal 4 Januari 2018. Myers, B.E., Dyer, J.E., (2006) The Influence of Student Learning Style On Critical Thinking Skill. Journal Of Agricultural Education. Vol.47, No.1, pp.43-52. Ross. J.S., dan Schulz. R.Can Computer-aided Instruction Accommodate All Learners qually?, (2012). tersedia di www.usd.edu/, diakses 3 Januari 2018.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10228
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 178 siswa dan diambil sampel untuk penelitian dengan jumlah 114 orang. Data diperoleh dari angket dan nilai prestasi belajar siswa. Angket dalam penelitian ini terdiri dari butir-butir pertanyaan dari karakteristik berpikir. Analisis data hasil penelitian dilakukan analisis vasiansi satu jalan sel tak sama dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil pengujian F hitung > F tabel maka Ho ditolak, sehingga hipotesis (Ha) menyatakan terdapat pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SA lebih baik daripada siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK, siswa tipe AK, maupun siswa tipe AA, prestasi belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK sama baiknya dibanding karakteristik berpikir tipe AK maupun siswa tipe AA, sedangkan karakteristik berpikir tipe AK sama baiknya dibanding karakteristik berpikir tipe AA pada kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePengaruh Karakteristik Berpikir terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record