Show simple item record

dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujiyanti
dc.contributor.authorMasduki, M
dc.contributor.authorSari, Christina Kartika
dc.date.accessioned2018-08-01T04:25:27Z
dc.date.available2018-08-01T04:25:27Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationChiou, Che-Chang. (2008). The effect of concept mapping on students’ learning achievements and interests. Innovations in Education and Teaching International, Vol. 45, No. 4, November 2008, 375–387 Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Khotimah, Rita P., Sari, Christina K., Masduki. 2017. Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Pengantar Analisis Real Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa. Laporan Penelitian Produk Terapan Tahun pertama. Dibiayai oleh DP2M DIKTI Kemdikbud Jakarta. Karakuyu, Yunus. (2010). The effect of concept mapping on attitude and achievement in a physics course. International Journal of the Physical Sciences, Vol. 5(6), pp. 724-737, June 2010. Novak, J.D. and Govin, D.B. (1984). Learning how to learn. Cambridge University Press. Robert G.Bartle, Donald R.Sherbert. (2011). Introduction To Real Analysis 4th Edition. Safdar, M., Hussain, A., Shah, I., Rifat, Q. (2012). Concept Maps: An Instructional Tool To Facilitate Meaningful Learning. European Journal Of Educational Research, Vol. 1, No. 1, 55-64 Serhan,D., Syam,M., AIMdallal,Q. (2014). The Effect of Using Concept Maps on Advancing Students’ Conceptual Understanding of Euler Circuit. International Journal of Mathematics Trens and Technology, Vol 15 No 1, November 2014. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Varghese, Thomas. (2009). Concept Maps to Asses Student Teacher’s Understanding of Mathematical Proof. The Mathematics Educator, Vol.12, No.1, pp. 49-68. Williams, Caroll G. (1998). Using Concept Maps to Assess Conceptual Knowledge of Function. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 29, No. 4, 414–421.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10234
dc.description.abstractAnalisis merupakan salah satu cabang penting di dalam ilmu matematika. Materi-materi yang dipelajari di dalam analisis banyak yang saling berhubungan satu sama lain. Peta konsep adalah salah satu strategi di dalam pembelajaran matematika yang dapat memperlihatkan hubungan antar konsep pada suatu topik materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran peta konsep pada materi perkuliahan Sistem Bilangan Riil. Jenis penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa semester IVB yang menempuh mata kuliah Pengantar Analisis Riil di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi metode dan penyidik. Data dianalisis menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran peta konsep pada perkuliahan Sistem Bilangan Riil terdiri dari langkah-langkah: penelusuran materi, penentuan ide-ide utama dan tambahan, penyusunan peta konsep materi dan verifikasi. Melalui pembelajaran yang berbasis peta konsep, mahasiswa lebih mudah di dalam melakukan pembuktian-pembuktian teorema pada materi Sistem Bilangan Riil.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleImplementasi Pembelajaran Peta Konsep pada Materi Sistem Bilangan Riilid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record