Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi; Studi Empiris di Universitas Negeri Semarang
Abstract
Pengguna internet di Indonesia mencapai 143 juta pada Desember 2017. Menurut survei Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hampir separuh dari total pengguna internet di Indonesia
merupakan masyarakat dalam kelompok usia 19-34 tahun (49,52%). Dan lebih dari 3 jam per hari,
pengguna menghabiskan waktu untuk mengakses media sosisal seperti facebook, youtube, instagram,
twitter, dan lainnya. Pembelajaran akuntansi di perguruan tinggi harus mampu menangkap peluang
pemanfaatan internet, khususnya media sosial. Karena mahasiswa merupakan kelompok usia pengguna
terbesar dalam akses internet (media sosial). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik
pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran akuntansi di program studi Pendidikan Akuntansi Universitas
Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah
dosen dan mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FE UNNES. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan teknik interactive analysis model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen di prodi
Pendidikan Akuntansi FE UNNES telah memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran akuntansi. Dosen
dan mahasiswa lebih banyak mengakses media sosial melalui telepon pintar yang dimiliki. Media sosial
yang sering digunakan adalah facebook, instagram, youtube, dan twitter. Pemanfaatan media sosial
ditujukan untuk mendukung perkuliahan di kelas dan interaksi dosen dengan mahasiswa. Dosen
menggunakan akun instagram untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempublikasikan hasil atau karya
yang telah diselesaikan. Youtube digunakan sebagai sumber belajar untuk memperoleh inspirasi atau ide
dan juga untuk mempublikasikan karya. Facebook digunakan sebagai media komunikasi antara dosen dan
mahasiswa. Twitter merupakan media sosial yang jarang digunakan dalam pembelajaran akuntansi di FE
UNNES. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna cukup terbatas dan mahasiswa lebih menyukai media sosial
lainnya.