• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Spatial Knowledge Competency Dalam Materi Hidrologi

    Thumbnail
    View/Open
    download (361.3Kb)
    Date
    2018-06
    Author
    Fathimah, Aprilia Euis
    Agustina, Elfika
    Saputri, Rindu Ditiana
    Fauziya, Syifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Ishak dkk pada tahun 2016 menyatakan terdapat 458 DAS di Indonesia, 60 diantaranya dalam kondisi kritis berat, 222 dalam kondisi kritis, dan 176 lainnya berpotensi kritis. Hal ini diakibatkan oleh adanya alih fungsi lahan sehingga membuat DAS tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal. Upaya restorasi perlu dilakukan oleh semua pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Bidang pendidikan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya tersebut, karena pendidikan dapat mencetak generasi muda yang peduli dengan lingkungan khususnya kerusakan DAS di Indonesia melalui materi hidrologi. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologi pada siswa (Hamdani, 2011). Makalah ini menyajikan rancangan (prototype)terkait dengan media pembelajaran berbasis Spatial Knowledge Competency dalam materi hidrologi khusunya pengelolaan DAS. Tujuannya yaitu membentuk karakter peduli sungai pada peserta didik melalui media pembelajaran berbasis Spatial Knowledge Competency. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, antara lain: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahapan yang dicapai dalam makalah ini yaitu tahap kedua atau tahap perancangan media ajar. Media pembelajaran berupa peta tematik tentang DAS dan lembar kerja untuk peserta didik. Peta tematik DAS dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara spasial atau keruangan mengenai materi yang disampaiakan kepada peserta didik. Lembar kerja dibutuhkan guna membantu peserta didik dalam memahami kondisi daerah aliran sungai. Setelah mempelajari materi hidrologi khusunya pengelolaan DAS dengan media ajar tersebut, diharapkan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dan memiliki karakter peduli sungai serta terdorong untuk melakukan upaya restorasi sungai di daerah sekitarnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10376
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV