• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Permainan Engklek Modern untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Game di Smartphone

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.065Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Hariyani, Indaria Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan engklek modern untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia dini sebagai upaya mengurangi kecanduan game di smartphone. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall (2007) yang terdiri sepuluh langkah. (1) Asses Needs To Identity Goal, (2) Conduct Instructional Analysis, (3) Analyze Learners And Context, (4) Write Performance Objectives, (5) Develop Assessment Instrument, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop And Select Instructional Materials , (8) Design And Conduct Formative Evaluation Of Instruction, (9) Revise Instruction, (10) Design And Conduct Summative Evaluation. Desain uji coba produk dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu (a) validasi ahli, (b) uji coba kelompok kecil, (c) uji coba kelompok besar. Hasil uji coba selanjutnya diuji dengan Uji t yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan fisik motorik anak usia dini dari hasil belajar antara memakai permainan engklek modern dengan tidak memakai permainan engklek modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek modern dapat menstimulasi kemampuan fisik motorik anak. Dari hasil analisis data memperoleh memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan adanya perbedaan pada rata-rata perlakuan sebelum dan sesudah dan rata-rata skor perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan pada proses mengurangi kecanduan game dengan menggunakan permainan engklek modern yang telah dikembangkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10525
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV