• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.058Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Sulianto, Joko
    Cintang, Nyai
    Azizah, Mira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh HOTS pada aspek kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V sekolah dasar pilot project kurikulum 2013 di kota Semarang. Higher Order Thinking Skills (HOTS) terdiri dari kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan pemecahan masalah. Desain penelitian menggunakan penelitian korelasi-regresi yang bertujuan untuk mengungkap hubungan antara keterapilan berpikir kritis sebagai faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes berbasis Problem Based Learning (PBL) pada 106 siswa kelas V pada mata pelajaran matematka di 4 (empat) sampel sekolah dasar pilot project kurikulum 2013 di Kota Semarang. Variabel kemampuan berpikir kritis sebagai variabel independen (X) dengan rata-rata 15,21 kategori sangat tinggi dan kemampuan pemecahan sebagai variabel dependen (Y) dengan rata-rata 13,21 kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 90,75% dan masih ada pengaruh variabel lain dari berpikir kritis sebesar 9,25%. Nilai konstanta sebesar 1,506 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah akan menurun jika siswa tidak memiliki kemampuan berpikir kritis dengan hubungan searah. Berdasarkan temun penelitian maka sebaiknya jika guru ingin meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, guru juga harus meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10534
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV