Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Memukul Permainan Bola Kasti dengan Penggunaan Alat Bantu
View/ Open
Date
2018-12Author
Sunardi, S
Manshuralhudlori, M
Purnomo, Abdul Aziz
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak memukul
permainan bola kasti melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N
Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta yang berjumlah 24 peserta didik. Sumber data
berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes,
dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif
yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang
signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta
didik pada pra siklus, dari jumlah 24 peserta didik tuntas sebanyak 9 (37%), dan belum tuntas
sebanyak 15 (63%). Kemudian hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan peningkatan, yaitu
tuntas sebanyak 18 (75%), dan belum tuntas sebanyak 6 (25%). Pada siklus II peningkatan hasil belajar
peserta didik adalah tuntas sebanyak 21 (87.5%), dan belum tuntas sebanyak 3 (12.5%). Simpulan dari
penelitian ini bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak memukul
permainan bola kasti pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun
Pelajaran 2017/2018.