dc.contributor.author | Sistiasih, Vera Septi | |
dc.date.accessioned | 2019-01-08T03:14:43Z | |
dc.date.available | 2019-01-08T03:14:43Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press. Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Andayani Bekti, Rusdiyanto, Primiatiningsih. 2013. Permainan bola voli. (konsep, teknik, strategi dan modifikasi). Surabaya: Graha Pustaka Media Utama Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Dimiyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung:PT. Refika Aditama Hujair & Sanaky. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara Munafisah. (2009). Bermain Bola Voli. Demak : CV. Aneka Ilmu Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era PustakaUtama Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rakhmat Margajaya. 2008. Bola Voli. 2008: Ganeca Exact Sri Anitah. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka Sunardi & Deddy Whinata Kardiyanto. (2013). Bola Voli. Surakarta : UNS Press Solo | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-3-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10552 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). yang dilaksanakan dalam
dua siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta
didik kelas V SD Negeri Blangu 3, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018
yang berjumlah 27 anak yang terdiri dari 17 peserta didik putri dan 10 peserta didik putra. Sumber
data dalam penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah
observasi dan penelitian hasil belajar passing bawah bolavoli. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian ini menunjukan
peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli peserta didik dari dari prasiklus ke siklus I dan
dari siklus I ke aiklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan alat bantu untuk
membantu peserta didik dalam mempelajari gerakan passing bawah bolavoli peserta didik masih
rendah dan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan
dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, peserta didik yang tuntas
mencapai 29,63%. Pada siklus I, peserta didik yang tuntas mencapai 51,85%, pada siklus II
mencapai 85,19% sedangkan target pencapaian yang ditetapkan adalah 75%. Simpulan penelitian
ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkat kan hasil belajar passing bawah
bolavoli pada peserta didik kelas V SD Negeri Blangu 3 tahun ajaran 2017/2018. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2018 | id_ID |
dc.subject | alat bantu | id_ID |
dc.subject | passing bawah | id_ID |
dc.subject | bolavoli | id_ID |
dc.title | Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |