• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence dalam Kegiatan Pembelajaran Membaca Kelas 1 di MI Muhammadiyah PK Kartasura

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.108Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Sudrajat, Kukuh Sandy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada sekolah dasar, membaca merupakan keterampilan dasar potensial. Terdapat dua sasaran pokok pembinaan keterampilan membaca, yaitu peningkatan kemampuan membaca dan membangun budaya membaca. Siswa sebagai subyek belajar dalam proses pembelajaran memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Potensi diri dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah dengan cara memberikan pengarahan yang sesuai dengan potensi masing-masing yang dimiliki siswa.. Manusia memiliki potensi kecerdasan yang berbeda, menurut Gardner potensi tersebut bersifat jamak, yang dikenal dengan Multiple Intelligence. Multiple Intelligence membagi kemampuin individu menjadi 8 kecerdasan, meliputi linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dan naturalis. Kegiatan pembelajaran membaca dengan menerapkan teori Multiple Intelligence mengarah pada memaksimalkan potensi kecerdasan siswa yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan materi pembelajaran. Dengan adanya integrasi kegiatan pembelajaran membaca dan teori Multiple Intelligence diharapkan dapat membantu guru dalam mengeksplorasi dan mengembangkan kecerdasan siswa serta dapat memacu kecerdasan dominan siswa secara optimal dan berupaya mempertahankan kecerdasan lainnya pada standar minimal yang ditetapkan oleh lembaga atau sekolah. Kaitannya dengan Multiple Intelligence itu sendiri menjadi acuan guru dalam mengolah desain dan strategi yang diberikan sehingga kesulitan anak dalam belajar membaca dapat diminimalisir. MI Muhammadiyah PK Kartasura sebagai sekolah yang konsep pembelajarannya berbasis Multiple Intelligence cukup banyak menyediakan dan memfasiltasi gaya belajar anak dalam belajar membaca, terutama membaca permulaan dikelas 1. Selain itu pemetaan kelas berdasarkan kecenderungan kecerdasan atau gaya belajar dengan MIR, guru dapat memilih berbagai inovasi – inovasi pembelajaran lebih akurat atau sesuai.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10560
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV