Show simple item record

dc.contributor.authorPurbaningrum, Anita
dc.date.accessioned2019-01-09T04:01:08Z
dc.date.available2019-01-09T04:01:08Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAhmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. Mulyadi dan Risminawati. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. FKIP UMS : PGSD Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. FKIP UMS : PGSD Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta Syaodih, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakaryaid_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10561
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project.Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu: aktivitas siswa dalam bertanya pada pra siklus ada 8 siswa (24,24%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (42,42%), pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (78,79%). Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus ada 10 siswa (30,30%), pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%), pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (75,76%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal pada pra siklus ada 9 siswa (27,27%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (54,54%), pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (87,88%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas PR pada pra siklus ada 11 siswa (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (48,48%), pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa (84,85%). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran, sebelum tindakan prosentase keberhasilan siswa yang nilainya di atas KKM (> 65) pada pra siklus ada 5 siswa (15,15%), pada siklus I ada 17 siswa (51,52%), dan pada siklus II ada 28 siswa (84,85%). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun pelajaran 2013/ 2014.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectminat belajarid_ID
dc.subjectstrategi Missouri Mathematics Project (MMP)id_ID
dc.subjecthasil belajarid_ID
dc.titlePeningkatan Minat Belajar Matematika melalui Strategi Missouri Mathematics Project Siswa Kelas IV SDN 03 Bandardawungid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record