dc.contributor.author | Nurhidayat, N | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T06:53:22Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T06:53:22Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Agus Kristiyanto. 2010. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga”. Surakarta: UNS Press. Agus Margono. 2011. “Senam”. Surakarta: UNS Press . Arif S. Sadiman. 2002. “Media Pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Arikunto. 2008. “Penelitian Tindakan”. Yogyakarta: Aditya Media Aunurrahman. 2009.”Belajar dan Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta. Azhar Arsyad. 2010. “ Media Pembelajaran”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. “Berbagai Jenis Media Pembelajaran”.2010. www.dinaspendidikan-parepare. info/indekx.php?option=com_conten&view=article&id=12z:berbagai-jenis-mediapembelajaran& catid=59=artikel-pembelajarandiakses17february2011. Dimyati dan Mudjiono. 2006.” Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: PT. Rineka Cipta. E. Mulyasa. 2010. “praktik Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya FKIP UNS. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP UNS. Surakarta: UNS Press. Hamzah B. Uno. 2008. “ Perencanaan Pembelajaran”. Jakarta: PT Bumi Aksara. Muhajir. 2007. “Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas VII” . Bandung: Yudistira. Nana Sudjana. 2005. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Saiful amien dan fransina Lamere. “ Media Audio dan Video Untuk Pembelajaran”. 2010. www.media-audio-dan-video-untuk-pembelajaran.htmldiakses10mei2011. www.benramt.wordpress.com diakses 10 mei 2011 Syaiful Sagala. 2010 “ konsep dan Makna Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta. Sri Anitah. 2010. “Media Pembelajaran”. Surakarta: UNS Press. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-3-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10568 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling
belakang pada siswa kelas IX-D SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dengan
menggunakan media pembelajaran audio-visual. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 3
Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 23 orang yang terdiri atas 11 siswa putra dan 12
siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar senam lantai
guling belakang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif
yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh simpulan bahwa: penerapan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil
belajar senam lantai guling belakang siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran
2011/2012. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus
II. Hasil belajar senam lantai guling belakang pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 65.22%
atau 15 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori
tuntas sebesar 86,96% atau sejumlah 20 siswa. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2018 | id_ID |
dc.subject | Media Pembelajaran | id_ID |
dc.subject | Audio Visual | id_ID |
dc.subject | Guling belakang | id_ID |
dc.title | Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |