Show simple item record

dc.contributor.authorDesstya, Anatri
dc.contributor.authorHapsari WR, Umi
dc.contributor.authorAzizunnisa, A
dc.date.accessioned2019-01-09T07:11:51Z
dc.date.available2019-01-09T07:11:51Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationArie Pertiwi, P., Nengah Suadnyana, I., & Kt Ngr Semara Putra, D. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Panjer Tahun Ajaran 2013/2014. Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Desstya, A. (2016). Hubungan Latar Belakang Peminatan Sekolah dengan Penguasaan Konsep Dasar IPA Mahasiswa PGSD, 2407–9189. Indonesia Republik. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen. Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso Pencernaan Pada Manusia Di Smp Negeri 19 Palembang, 2(1), 82–91. Muchson, M., Pratiwi, Y. N., Sulistina, O., & Sigit, D. (2017). Persepsi Mahasiswa Baru Jurusan Kimia Fmipa Um Angkatan 2016 Tentang Fenomena Perubahan Materi, 01(2). Nafsi, T. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Gaya Magnet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 22 Palu. Penelitian Pendidikan, 3(2), 62–72. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/123014-ID-penerapanmetodedemonstrasi- pada-materi.pdf Nahum. T.L., Hofstein, A., Naaman, R. M., & dan Bardov, Z. (2004). Can Final Examination Amplify Students’ Misconception in Chemistry? Chemistry Education: Research and Practice., 5(3), 301–325. Nuangchalerm, P. (2011). In-service Science Teachers ’ Pedagogical Content Knowledge. Studies in Sociology of Science, 2(2), 33–37. https://doi.org/10.3968/j.sss.1923018420110202.034 Periyeti. (2017). Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya, 4(1). Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29–35. Vreeland, P. (2002). Analyzing Simple Circuit, The Physics Teacher (Vol. 40, pp. 99– 100). Walsh, L., Howard, R and Bowe, B. (2007). Phenomenographic Study of Students’ Problem Solving Approaches In Physics. Phys. Rev. ST. Phys. Educ. Res, 8(010123). Wongsopawiro, D. (2012). Typifying Science teachers’ Pedagogical Content Knowledge based on Their Concerns and Their Purposes in Science Teaching. In Examining Science Teachers’ Pedagogical Content knowledge in the context of a professional development program, 57–84.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10573
dc.description.abstractPemahaman calon guru sekolah dasar terhadap materi IPA yang akan diajarkan kepada siswanya menjadi suatu hal yang mutlak dan harus berada dalam kategori yang baik. Karena, tidakpahaman terhadap materi tersebut akan menimbulkan adanya miskonsepsi pada pengetahuan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui content knowledge (pemahaman materi) konsep dasar dasar IPA SD dari mahasiswa calon guru sekolah dasar. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP UMS semester I angkatan 2016/2017, dengan sampel mahasiswa kelas IA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam konsep dasar IPA menunjukkan beberapa tingkatan. Pemahaman yang paling tinggi (0,866) pada materi kemagnetan, dan paling rendah (0,524) adalah pada materi listrik statis. Pada materi system organ, gizi seimbang, dan daur biogeokimia menunjukkan pemahaman yang rata-rata (cukup). Sedangkan pemahaman mahasiswa dalam materi listrik dinamis juga menunjukkan kurang baik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectcontent knowledgeid_ID
dc.subjectkonsep dasar IPAid_ID
dc.subjectIPA SDid_ID
dc.titleContent Knowledge Konsep Dasar IPA Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record