Show simple item record

dc.contributor.authorRusnilawati, R
dc.contributor.authorKusumastuti, Oktafiana
dc.contributor.authorDesstya, Anatri
dc.contributor.authorRahmawati, Fitri Puji
dc.contributor.authorSayekti, Ika Candra
dc.contributor.authorRochana, Siti
dc.date.accessioned2019-01-09T07:18:46Z
dc.date.available2019-01-09T07:18:46Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationHarahap, Lola Wita dan Edy Surya. 2017. “Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 3, pp 1-12 Holisin, Iis. 2009. “Melatih Penalaran Siswa Sekolah Dasar (SD) dalam Memahami Konsep Bilangan Pecahan dan Menyelesaikan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan”. Jurnal Didaktis. Vol. 8. No. 3, Hal.22 Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013”. Jakarta: Direktur jendral Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI. Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013”. Jakarta: Direktur jendral Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI. Sriyanto, 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas. Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga. Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga. Taufiq, Muhammad. 2017. “Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII-F Di SMP Negeri 1 Mataram”. Jurnal GaneC Swara. Vol. 11 No.1 Hal. 128. Wahyono, dkk. 2017. “Implementation of Scientific Approach Based Learning to Think High Levels In state Senior High School In Ketapang”. International Journal of Education and Research. Vol. 5. No. 8. Hal. 222.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10575
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran menggunakan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik dapat mencapai ketuntasan pada aspek prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Kateguhan 01; (2) apakah nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik lebih dari siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik berbantu buku ajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji pra syarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif dan uji komparatif independent dua sampel. Hasil dari uji deskriptif diperoleh t hitung > t tabel yakni 5,492 > 2,00172 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan perhitungan menggunakan uji komparatif independent dua sampel diperoleh nilai t hitung = 3,429 sedangkan t tabel = 2,00172, maka t hitung > t tabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan nilai prestasi belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri Kateguhan 01 Tawangsari.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectpendekatan saintifikid_ID
dc.subjectpuzzle pecahanid_ID
dc.subjectprestasi belajarid_ID
dc.titleMedia Puzzle Pecahan dengan Pendekatan Saintifik Efektif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IVid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record