dc.contributor.author | Rusnilawati, R | |
dc.contributor.author | Kusumastuti, Oktafiana | |
dc.contributor.author | Desstya, Anatri | |
dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.contributor.author | Sayekti, Ika Candra | |
dc.contributor.author | Rochana, Siti | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T07:18:46Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T07:18:46Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Harahap, Lola Wita dan Edy Surya. 2017. “Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 3, pp 1-12 Holisin, Iis. 2009. “Melatih Penalaran Siswa Sekolah Dasar (SD) dalam Memahami Konsep Bilangan Pecahan dan Menyelesaikan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan”. Jurnal Didaktis. Vol. 8. No. 3, Hal.22 Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013”. Jakarta: Direktur jendral Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI. Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013”. Jakarta: Direktur jendral Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI. Sriyanto, 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas. Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga. Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga. Taufiq, Muhammad. 2017. “Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII-F Di SMP Negeri 1 Mataram”. Jurnal GaneC Swara. Vol. 11 No.1 Hal. 128. Wahyono, dkk. 2017. “Implementation of Scientific Approach Based Learning to Think High Levels In state Senior High School In Ketapang”. International Journal of Education and Research. Vol. 5. No. 8. Hal. 222. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-3-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10575 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran menggunakan media
puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik dapat mencapai ketuntasan pada aspek prestasi belajar
siswa kelas IV di SD N Kateguhan 01; (2) apakah nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar
menggunakan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik lebih dari siswa yang diajar
dengan pendekatan saintifik berbantu buku ajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, dokumentasi dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji pra
syarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif dan uji komparatif independent dua
sampel. Hasil dari uji deskriptif diperoleh t hitung > t tabel yakni 5,492 > 2,00172 dengan taraf
signifikan 0,05. Sedangkan perhitungan menggunakan uji komparatif independent dua sampel
diperoleh nilai t hitung = 3,429 sedangkan t tabel = 2,00172, maka t hitung > t tabel, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media puzzle pecahan dengan pendekatan
saintifik dalam meningkatkan nilai prestasi belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD
Negeri Kateguhan 01 Tawangsari. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2018 | id_ID |
dc.subject | pendekatan saintifik | id_ID |
dc.subject | puzzle pecahan | id_ID |
dc.subject | prestasi belajar | id_ID |
dc.title | Media Puzzle Pecahan dengan Pendekatan Saintifik Efektif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |