Show simple item record

dc.contributor.authorAzhar, Chusnul
dc.contributor.authorAristyasari, Yunita Furi
dc.date.accessioned2019-01-30T02:04:19Z
dc.date.available2019-01-30T02:04:19Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationIqbal, Abu Muhammad.(2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lexy J. Moleong, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. LPPI.(2017). Data Placement Test Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018. Yogyakarta: LPPI. LPPI.(2017).Modul Pembelajaran Al-Qur’an Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: LPPI. LPPI.(2017). Panduan Pembudayaan Tadarus Al-Qur’an. Yogyakarta: LPPI. Sophyia, Ida Vera dan Saiful Mujib.(2014). Dalam Jurnal Elementary Vol. 2 No. 2. Edisi Juli- Desember.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10591
dc.description.abstractKemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar adalah sebuah hal yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Namun, realitasnya tidak semua mahasiswa mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) memiliki program bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) pada semester pertama dan kedua bagi seluruh mahasiswa baru UMY yang belum mendapatkan syahadah dengan nilai A dalam membaca al-Qur’an. Program pembelajaran al-Qur’an ini adalah salah satu rangkaian dari beberapa program pengembangan karakter mahasiswa UMY melalui pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Dalam pembelajaran al-Qur’an ini, LPPI menerapkan metode dengan menggunakan modul 10 Jam Belajar Membaca al-Qur’an yang disusun oleh Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji efektifitas belajar membaca al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur’an pada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 pada aspek kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil setelah melalui proses pembelajaran. Selama ini penelitian mengenai efektivitas pembelajaran al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar Membaca al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta belum dilakukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumenter sebagai alat pengumpulan data.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectPembelajaran al-Qur'anid_ID
dc.subjectMetode 10 Jam Belajar Membaca al-Qur'anid_ID
dc.titleEfektifitas Belajar Membaca Al-Qur'an dengan Metode 10 Jam Belajar Al-Qur'an pada Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record