Show simple item record

dc.contributor.authorSetyawan, Aris
dc.contributor.authorWantini, W
dc.date.accessioned2019-01-30T02:29:28Z
dc.date.available2019-01-30T02:29:28Z
dc.date.issued218-12
dc.identifier.citationArikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakte. Jakarta: Rineke Cipta. Faridi. 2010. Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) : Internalisasi Nilai-Nilai Aik Bagi Mahasiswa. Progresiv, Vol. 4 No. Retrieved from file:///E:/MAKALAH AIK/220737-none AIK . KBBI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Retrieved from https://kbbi.web.id/media Moleong, L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhammadiyah, M. P. T. P. (2013). Pedoman Pendidikan AL-Islam dan Kemuhammadiyahan Pergururan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Nashir, H. 2018. Guru Muhammadiyah juga Mengemban Peran Dakwah. PWMU.CO. Retrieved from https://pwmu.co/79135/11/09/haedar-nashir-guru-muhammadiyah-juga-mengemban-perandakwah1/ Subarkah, M. A. 2017. Muhammadiyahdan Amal Usaha Di Bidang Pendidikan. Rausyan Fikr, Vol 13 No. Retrieved From File:///E:/Makalah Aik/Amal Usaha Muh. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10600
dc.description.abstractMuhammadiyah didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan mempunyai peran yang banyak dalam pembangunan bangsa Indonesia terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan Muhammadiyah mempunyai fungsi pertama sebagai sarana pendidikan dan pencerdasan. Pendidikan Muhammadiyah mempunyai ciri khusus terletak pada pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sejak pendiriannya sampai sekarang sudah berkembang dengan pesat dan merupakan organisasi terbesar yang mempunyai amal usaha terbanyak di Indonesia. Hal itu menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara untuk mengoptimalkan pendidikan pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dan mengetahui hasil optimalisasi pendidikan pendidikan al Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dan termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: data reduction, data display, conclution/penerikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah penerapan kurikulum yang tepat, memaksimalkan pembelaran dan praktik secara langsung di sekolah. Seperti melaksanakan shalat dhuha, shalat zuhur dan asar berjamaah. Membudayakan disiplin tinggi, dan membudayakan akhlak yang baik disekolah seperti berjabat tangan, mengucapkan salam, senyum dan menyapa guru. Bagi guru dan karyawan dalam meningkatkan semangat bermuhammadiyah diadakan program darul arqam. Pelaksanaan Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan dapat mengubah sikap/karakter sesuai dengan arah dan tujuan dan visi sekolah Muhammadiyah yang menjadikan ciri khusus sekolah Muhammadiyah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectOptimalisasiid_ID
dc.subjectAl Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.titleOptimalisasi Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Sekolah Muhammadiyahid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record