Show simple item record

dc.contributor.authorMiftahulhaq, M
dc.date.accessioned2019-01-30T02:34:30Z
dc.date.available2019-01-30T02:34:30Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAnwar, Syamsul, (2018), Prolog: Mencari Epistemologi Alternatif, dalam Epistemologi Qur’ani dan Ikhtiar Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Editor; Mukhlis Rahmanto, dkk, Yogyakarta: LPPI UMY Khilmiyah, Akif, (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru Munawwir, Achmad Warson, (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif MPK PP Muhammadiyah dan Suara Muhammadiyah, (2000). Manhaj Gerakan Muhammadiyah: Ideologi, Khittah, dan Langkah, Pengantar Haedar Nashir, Edisi Khusus, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Nashir, Haedar, (2010). Muhammadiyah Gerakan Pembaharuan, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Nashir, Haedar, (2014). Memahami Ideologi Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Nashir, Haedar, (2018). Kuliah Kemuhammadiyahan 2, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Nasuka, (2005). Teori Sistem Sebagai Salah Satu Alternatif Pendekatan dalam Ilmu-Ilmu Agama Islam, Jakarta: Prenada Media Pasha, Musthafa Kamal dan Darban, Ahmad Adaby, (2000). Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam (dalam Perspektif Historis dan Ideologis), Cet. 1, Yogyakarta: LPPI UMY Prayitno, (2009). Pendidikan Dasar Teori dan Praksis, Jakarta: Penerbit PT Grasindo Sujarweni, V.Wiratna, (2014). Metodeologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Perss Tampubolon, Muslim dan Silaban, Pasaman, (2004). Penerapan Dan Pendekatan Teori Sistem: Studi Kasus Universitas HKBP Nomensen, dalam http: //repository.usu.ac.id/handle/123456789/1392 Tim Pedoman Pendidikan AIK, (2013). Pedoman Pendidikan AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah Tim KBBI Daring, kbbi.kemdikbud.go.id Uswatusolihah, Uus, (2016). Pendekatan Sistem dalam Mengkaji Dakwah Islam, dalam http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/view/779id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10602
dc.description.abstractMata kuliah Kemuhammadiyahan dalam nomenklatur kurikulum AIK yang dikeluarkan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah tahun 2013 disebut mata kuliah AIK III. Tujuan pendidikan AIK III adalah membentuk sarjana muslim sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah yang mampu beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai mata kuliah dalam tataran pelaksanaannya memerlukan proses pembelajaran melalui pengembangan model atau metode pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pemaknaan nilai-nilai AIK secara utuh. Penelitian ini ingin mengembangkan salah satu pendekatan perkuliahan Kemuhammadiyahan dengan menggunakan pendekatan teori sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis konsep (pustaka) dengan metode analisis kualitatif interpretatif. Berdasar penelitian ini ditemukan bahwa pendekatan teori sistem dapat membantu dalam pemahaman nilai-nilai Muhammadiyah yang menyeluruh dan memiliki keterkaitan antar unsur-unsur atau bagian-bagian dari berbagai konsep sehingga dapat menuntun pada pengamalan nilai-nilai Muhammadiyah dalam kehidupan lebih luas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran materi Matan Keyakinan dan Cita-Cita Muhammadiyah (MKCH), Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM), dan Kepribadian Muhammadiyah dapat dilaksanakan melalui pendekatan teori sistem, sehingga membantu mahasiswa memahami materi tersebut secara utuh/komprehensif, mudah, cepat dan tepat.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectpembelajaranid_ID
dc.subjectKemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectpendekatanid_ID
dc.subjectteori sistemid_ID
dc.titlePendekatan Teori Sistem dalam Perkuliahan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record