Show simple item record

dc.contributor.authorHassani, Nibros
dc.date.accessioned2019-01-30T02:52:37Z
dc.date.available2019-01-30T02:52:37Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAl-Banna, U. N. (2016, April 21). Kebangsaan. Diambil kembali dari Muhammadiyah.or.id: http://www.muhammadiyah.or.id/id/artikel-siti-walidah-dan-gerakan-perempuandetail- 617.html Aliaa Dakroury, M. E. (2012). Introduction to Communication and Media Studies. Boston: Pearson Learning Solutions. APJII, T. (2018). Survei APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta. Jakarta: APJII. Aziz, F. (2017, September 25). Opini. Diambil kembali dari Geotimes: https://geotimes.co.id/opini/nyai-walidah-dan-tren-jilbab/ Dzuhayatin, S. R. (2015). Rezim Gender dan Implikasinya terhadap Perempuan Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Erianjoni. (2009). Konstruksi Media terhadap Pencitraan Wanita: Studi Semiotik Pencitraan Wanita Minangkabau dalam Rubrik Kontak Jodoh di Media Cetak Lokal Harian Haluan Padang. Demokrasi, 108. Erianjoni. (2009). Konstruksi Media terhadap Pencitraan Wanita: Studi Semiotik Pencitraan Wanita Minangkabau dalam Rubrik Kontak Jodoh di Media Cetak Lokal Harian Haluan Padang . Demokrasi, 107-129. Farhana, D. (2018, January 31). Teladan Muslimah. Diambil kembali dari This is Gender: https://thisisgender.com/nyai-dahlan-pelopor-kesadaran-pendidikan-perempuan-jawa/ Globalnews. (2017, June 9). Edukasi. Diambil kembali dari Globalnews: http://globalnews.co.id/2017/06/09/belajar-dari-isteri-buya-hamka-siti-raham/ Hariyanto. (2009). Gender Dalam Komunikasi Media. KOMUNIKA, 167-183. Hariyanto. (Vol.3 No.2 Juli-Desember 2009). Gender dalam Komunikasi Media. Komunika : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 167-183. Ilyas, Y. (2015). Tajdid Muhammadiyah dalam Persoalan Perempuan. Pandangan Muhammadiyah Terhadap Perempuan (hal. 1-15). Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Ilyas, Y. (2015). Tajdid Muhammadiyah dalam Persoalan Perempuan. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Imran, H. A. (2012). Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media dan Fenomena Diskursif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media , 47. Latifah. (2014). Konstruksi Peran Sosial Perempuan Dalam Rubrik Liputan Khas Sukses Di Mata Kami Pada Majalah Femina. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta . Mantovani, S. (2015, February 18). Kisah. Diambil kembali dari Jejak Islam Untuk Bangsa: http://jejakislam.net/siti-raham-antara-peran-politik-dan-penjaga-kehormatan-buyahamka/ Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muftisani, H. (2014, Oktober 31). Koran. Diambil kembali dari Republika.co.id: https://republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/10/31/neaj4928-siti-walidahdahlan- wanita-pejuang-dari-aisyiyah Muhammadiyah, S. (2016, January 21). Sang Guru. Diambil kembali dari Suara Muhammadiyah.id: http://www.suaramuhammadiyah.id/2016/01/21/siti-walidahperintis- namun-bukan-ketua-pertama-aisyiyah/ Nashir, H. (2017). Memahami Ideologi Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah. Nuranindya, D. (2011). Analysis Of Code Switching And Code Mixing In The Teenlit Canting Cantiq. Semarang: Diponegoro University. Putsanra, D. V. (2017, November 2017). Sosial Budaya. Diambil kembali dari Tirto.id: https://tirto.id/meneladani-perjuangan-dan-kesetiaan-nyai-ahmad-dahlan-cArA Raditya, I. N. (2018, May 18). Al-'Ilmu Nuurun. Diambil kembali dari Tirto.id: https://tirto.id/siti-baroroh-baried-profesor-perempuan-pertama-cKu9 Sjafril, A. (2015, April 21). Uncategories. Diambil kembali dari Portal Islam: https://www.portal-islam.id/2015/04/dibalik-kehebatan-buya-hamka-ada-siti.html Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya . Subhanie, D. (2016, November 5). Cerita Pagi. Diambil kembali dari Sindonews.com: https://daerah.sindonews.com/read/1152832/29/nyai-ahmad-dahlan-tokoh-pendidikandan- emansipasi-perempuan-1478260901 UNDP. (t.thn.). Sustainable Development Goals. Dipetik November 25, 2018, dari United Nation : https://www.un.org/sustainabledevelopment/gender-equality/ Wulan, R. (2017, August 21). Lifestyle. Diambil kembali dari Dream.co.id: https://www.dream.co.id/lifestyle/mengenal-siti-walidah-pahlawan-perempuan-yanginspiratif- 170821l.htmlid_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10605
dc.description.abstractPada era ini, media memegang peranan penting dalam memberitakan dan membentuk opini khalayak. Perempuan dan media, telah banyak didiskusikan dari perspektif feminis dan berkontribusi pada pengembangan analisis media. Beberapa menginterpretasikan bahwa media mengkonstruk perempuan pada dunia politik, pendidikan, sosial, bahkan rumah tangga. Hal ini diperkuat dengan agenda abad dua Muhammadiyah beserta tantangannya termasuk kesetaraan gender dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Penulis membatasi objek penelitian : dari Perempuan dalam definisi umum kepada perempuan-perempuan Muhammadiyah secara spesifik, yakni : Siti Walidah, Baroroh Baried, dan Siti Raham. Sumber diambil dari penelitian dan kontenkonten yang telah ditulis di berbagai media daring, secara acak. Menggunakan pendekatan semiotik, penulis menganalisa hasil yang didapatkan kemudian menginterpretasikannya kedalam konteks saat ini sebagai hasil penelitian.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectMedia Massaid_ID
dc.subjectMuhammadiyahid_ID
dc.subjectPerempuanid_ID
dc.subjectSemiotikid_ID
dc.titlePerempuan-Perempuan Muhammadiyah dalam Media Massa pada Agenda Abad Dua Muhammadiyah (Kajian Semiotik)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record