HEAT-MAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI JAWA TIMUR BERDASARKAN MEDIA SOSIAL
Abstract
Media sosial saat ini merupakan media bagi masyarakat untuk menunjukkan berbagai aktifitasnya.
Masyarakat saat ini banyak menggunakan media sosial instagram untuk mengunggah foto-foto
kegiatan liburan yang dilakukannya. Hal ini dapat menjadi data untuk melihat trend lokasi wisata
yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Data yang dikumpulkan dari media sosial instagram
kemudian diolah untuk mendapatkan atribut yang dibutuhkan untuk visualisasi lokasi wisata. Data
hasil olahan tersbeut kemudian divisualisasikan ke dalam bentuk peta heat-map sehingga
memudahkan pengguna dalam memahami sebaran minat wisatawan di jawa timur saat ini. Heat-map
yang dihasilkan mampu menampilkan sebaran lokasi-lokasi wisata mulai dari yang banyak
dikunjungi oleh pengguna instagram hingga yang paling sedikit dikunjungi. Selain itu heat-map yang
dihasilkan juga menampilkan sebaran konjungan untuk lokasi wisata alam dan lokasi buatan.
Hasilnya menunjukkan bahwa jawa timur memiliki sebaran yang cukup berimbang di berbagai
wilayah untuk wisata alam, namun wisata buatan banyak terpusat di daerah Kota Surabaya dan Kota
Batu-Malang. Karakteristik sebaran wisatawan pada saat musim libur panjang dan tidak juga dapat
diekplorasi melalui viasualiasi heat-map ini. Visualisasi ini diharapkan dapat membantu para
stakeholder parawisata dalam perancangan strategi untuk mengembangkan lokasi-lokasi wisata.