• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-17 RAPI 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-17 RAPI 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UJI TINGKAT KEANDALAN DAN KENYAMANAN RANCANGAN ALAT KEMUDI RUDDER BERBASIS KENDALI TANGAN PADA SISTEM KEMUDI PESAWAT TERBANG SOLUSI UNTUK MEMINIMALISIR INTENSITAS BEBAN KERJA MENTAL YANG TINGGI

    Thumbnail
    View/Open
    DOWNLOAD (306.9Kb)
    Date
    2018-12
    Author
    Saputro, Meda Aji
    Thawafani, Lathiifah
    Swariningrum, Nur Indah
    Hendrawan, Muhammad Alfatih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rudder pedals merupakan alat kemudi pesawat terbang yang digunakan untuk melakukan gerakan gelengan (yaw) pada sumbu vertikal. Rudder pedals juga berperan sangat penting ketika pesawat berada di darat, yakni sebagai alat kemudi roda depan pesawat serta pengereman. Namun, desain rudder pedals saat ini dirancang untuk ukuran kaki orang Eropa dan Amerika sehingga kurang ergonomis jika digunakan oleh orang Asia yang memiliki ukuran kaki lebih pendek. Berdasarkan survei terbatas terhadap sejumlah pilot nasional, kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan pilot dalam mengemudikan pesawat, terutama saat menghadapi turbulensi di udara. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diajukan rancang bangun alat kemudi rudder berbasis kendali tangan yang mengakomodasi aspek ukuran anthropometry persentil 50 dan 90 laki-laki Amerika dewasa. Rancangan alat kemudi rudder berbasis kendali tangan yaitu menggabungkan alat kemudi rudder dan control column dengan memberikan handle yang sudah diadopsi oleh ukuran tangan anthropometry persentil 50 dan 90 laki-laki Amerika dewasa, sehingga dalam pengoperasian alat kemudi rudder cukup menggunakan tangan. Hal ini dapat menciptakan kemudi yang lebih nyaman, efisien, mudah dan dapat digunakan oleh pilot dari berbagai macam ras. Prototype kemudian diujikan terhadap 20 calon pengguna untuk melihat tingkat keandalan dan kenyamanan dari alat yang dirancang dari hasil pengujian diperoleh bahwa tidak ada keluhan rasa sakt dan pegal pada tangan hanya saja ada kegiatan latah pada pengguna
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10638
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-17 RAPI 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV