Desain Meja, Kursi, dan Lampu yang Terintegrasi guna Menunjang Aktifitas Belajar
View/ Open
Date
2019-03Author
Setiawan, Muhammad Safri
Hadyanawati, Anindya Agripina
Suryoputro, Muhammad Ragil
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berfokus pada kualitas kenyamanan siswa saat belajar dengan
mempertimbangkan meja, dan kursi belajar, yang sesuai dengan dimensi tubuh mereka sehingga
tidak terasa sakit saat belajar, dan juga memperhatikan pencahayaan yang baik pada lampu
belajar sehingga tidak ada mata lelah. Metode: Metode yang digunakan adalah memberikan 30
kuesioner nordic body map kepada siswa untuk mengetahui bagian tubuh mana yang merasakan
sakit ketika belajar, dan melakukan pengukuran pencahayaan lokal ke 10 meja belajar siswa
ketika belajar menggunakan luxmeter. Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian ini adalah
mendesain ulang meja dan kursi untuk pembelajaran terhadap gangguan yang dirasakan tubuh
dengan menggunakan dimensi antropometri dengan memberikan invovasi berupa lampu
penerangan yang terintegrasi dengan meja dan kursi secara otomatis yang dapat disesuaikan
dengan kebutuhan penerangan siswa ketika menjalankan kegiatan belajar. Terdapat tujuh
dimensi antropometri yang digunakan untuk mendesain produk. Lampu yang digunakan adalah
LED yang bisa menghasilkan cahaya hingga 250 lux dan posisinya diletakkan tepat diatas meja
belajar karena dengan penambahan penerangan lokal tersebut dapat meningkatkan
produktivitas sebesar 40%.