Penerapan Analytical Network Process dalam Pemilihan Lokasi Cabang Arosah Fashion
View/ Open
Date
2019-03Author
Febriyanti, Adelia
Afifah, An'nisa Lutfi Nur
Sharafina, Hera
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemilihan lokasi yang tepat merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan
usaha. Hal ini dikarenakan, pemilihan lokasi mempengaruhi faktor keuntungan dan risiko.
Arosah Fashion merupakan toko yang bergerak dibidang penjualan pakaian wanita, khususnya
kebaya. Arosah Fashion berkeinginan untuk meningkatkan keuntungan dan memperluas
pemasaran dengan cara membuka cabang baru di luar daerah. Pemilihan lokasi dilakukan
dengan menggunakan salah metode Decision Support System (DSS) yaitu Analytical Network
Process yang dibantu dengan software Super Decision. Terdapat beberapa cluster dan node
yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu: aksesibilitas
(ketersediaan sarana transportasi, waktu tempuh, dan kualitas jalan), biaya (biaya sewa tanah,
biaya operasional, dan biaya bahan baku), lingkungan (kepadatan penduduk, sosial ekonomi
masyarakat, dan tingkat kriminalitas), infrastruktur (ketersediaan air bersih, ketersediaan
jaringan telepon, dan ketersediaan jaringan listrik), potensi pasar (daya saing, daya beli
masyarakat, dan masa hidup produk), dan tenaga kerja (ketersediaan tenaga kerja, UMR tenaga
kerja, dan kualitas pendidikan). Sedangkan alternatif lokasi yang dipertimbangkan adalah
Medan, Aceh, dan Malang. Hasil analisis menunjukan bahwa Malang adalah lokasi yang sesuai
bagi cabang baru. Hal ini terlihat dari nilai ideals pada hasil, yaitu Aceh sebesar 0,6191,
Malang sebesar 1, dan Medan sebesar 0,9975.