Analisis Perbandingan Tingkat Usabilitas pada Website Zalora dan Elevania menggunakan Metode User Performance
View/ Open
Date
2019-03Author
Mulia, Adam
Dewa, Kevin Basu
Kalijaga, Magister Alfatah
Metadata
Show full item recordAbstract
Usability adalah proses optimasi interaksi antara pengguna dengan sistem yang dapat
dilakukan dengan interaktif, sehingga pengguna mendapatkan informasi yang tepat atau
menyelesaikan suatu aktivitas pada aplikasi tersebut dengan lebih baik (Prayoga, 2010).
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna internet yang cukup besar,
dari hasil survei Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, pengguna
internet di Indonesia mencapai 143,26 jiwa dari toal populasi penduduk Indonesia yaitu 262
juta jiwa ((APJII), 2017). Teknologi informasi seperti situs web dalam menyajikan berbagai
kebutuhan informasi dan layanan digital bagi pengguna telah semakin beragam, kreatif, dan
inovatif. Situs web saat ini sudah menjadi bagian penting dalam menunjang keberhasilan suatu
instansi (Nahdhatuzzahra, 2016). Salah satu e-commerce yang mempunyai persaingan cukup
tinggi adalah Zalora dan Elevenia yang merupakan retail online fashion menyediakan produkproduk
seperti sepatu, tas, jam, pakaian, dll. Website yang mudah dioperasikan oleh kosumen
akan meningkatkan efisensi dan mengurangi level of errors, Pada penelitian ini bertujuan untuk
mengukur tingkat usability pada website Zalora dan Elevania dengan metode User Performance
dan menggunakan uji statistik ANOVA Two way. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah
efisiensi saat mengoperasikan website Zalora dan Elevenia serta mengetahui level of errors
konsumen saat sedang mencari barang/pakaian di website Zalora dan Elevenia.