Industri Kreatif berbasis Budaya Peluang dan Tantangan di Era Industry 4.0
Abstract
Selain industri manufaktur dan industri jasa, industri kreatif adalah salah satu bidang industri
yang memiliki peluang besar untuk berkembang pesat dalam era Industry 4.0. Industri kreatif
yang meliputi berbagai bentuk industri yang mengedepankan kreativitas dan kemampuan
berpikir dari para pelakunya, memiliki kaitan yang erat dengan budaya yang ada di tempat
tersebut. Kekayaan budaya di Indonesia yang sangat beragam memberikan potensi yang besar
bagi pengembangan industri kreatif. Kesiapan pelaku industri kreatif menjadi faktor kunci
dalam menghadapi persaingan dengan industri lain. Namun demikian, teknologi yang menyertai
era Industry 4.0 juga memberikan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dalam
pengembangan industri kreatif berbasis budaya. Tantangan yang dihadapi antara lain
kemampuan sumber daya manusia yang terbatas, permasalahan hak cipta, infiltrasi budaya luar
dan kurangnya penghargaan terhadap kreativitas.