Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Title
Now showing items 65-84 of 91
-
Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigaion (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) merupakan pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengguanaan metode ... -
Pengembangan Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Sejarah Lokal dalam Membangun Karakter Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Mata pelajaran IPS-Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang mengembangkan dan membentuk karakter peserta didik membutuhkan trobosan pendekatan yang dapat meransang minat belajar peserta didik dalam belajar sejarah ... -
Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. ... -
Penggunaan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMK swasta-BM swadaya Medan. Adapun Instrument yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes ... -
Peningkatan Kompetensi Guru BK/Konselor dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Siswa SMK seharusnya telah mampu mengidentifikasi potensi diri dan memiliki pilihan yang mantap mengenai arah karirnya. Faktanya, masih banyak siswa yang tidak yakin dengan pilihan karirya. Permendikbud RI Nomor 70 Tahun ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Melalui ”Mebery” (Metode Bernyanyi) Pada Kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Salatiga Semester Gasal Tahun 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Pengantar akuntansi pada peserta didik kelas X akuntansi 3 tahun pelajaran 2014 /2015 dengan pembelajaran MEBERY ( Metode Bernyanyi). ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui “Tebar Pesona” dan PjBL Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan ... -
Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 (Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini adalah untuk ; 1) Memberikan gambaran mendalam tentang Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKG ... -
Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di SD Negeri Kartasura 5)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan ... -
Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Negeri Karangpandan Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)“Peningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes) pada siswa kelas XII IPS 5 SMA NEGERI Karangpandan tahun 2015.”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang ... -
Pentingnya Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Kompetesi di dunia kerja mengisyaratkan lulusan harus mampu beradaptasi dan berdaya saing, maka mutlak dibutuhkan kemampuan untuk menjadi pebelajar sepanjang hayat (life long learning). Untuk dapat menjadi pembelajar ... -
Penumbuhkan Jiwa Kewirausahaan melalui Implementasi Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penulisan artikel ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui implementasi edupreneurship di sekolah menengah kejuruan (SMK). Permasalahan yang dirumuskan: 1) bagaimana ... -
Peran Guru Akuntansi Berkreativitas dan Motivasi Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran kreativitas guru akuntansi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jika terdapat pengaruh,kreativitasguru apa saja yang diterapkan dalam ... -
Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Dalam Mempromosikan Guru Pembelajar Untuk Meningkatkan Profesional Guru
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya guru yang tidak professional. LPTK sebagai lembaga pencetak guru memiliki ... -
Peran Pemerintah dan Perguruan Tinggi Dalam Pembinaan Karier Guru Dalam Jabatan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Bahwa peningkatan jenjang pendidikan dan pemberikan pelatihan akan meningkatkan profesionalisme guru, demikian juga jika profesionalisme guru meningkat maka jenjang karier guru juga kan mengalami peningkatan. ... -
Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Milenial (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Wonogiri)
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Wonogiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur penerimaan siswa disekolah kawasan berbasis zonasi di era milenial, implementasi pendidikan karakter siswa ... -
Profesionalisme Guru Ditinjau dari Pengalaman Mengikuti Kegiatan Ilmiah dan Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Banjarsari Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru. 2) pengaruh penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. ... -
Project Based Learning sebagai Strategi Pembelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa ditinjau dari minat berwirausaha setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran ... -
Rancangan Pengembangan Web Based Learning Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian TKJ Pada SMKN Se Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Hal ini terjadi juga di SMKN Se Kota Malang, terutama pada masalah ... -
Refleksi Nilai Filosofis Cinta Ditinjau dari Sudut Pandang Akuntansi Sebagai Pencegahan Kasus Perceraian Sejak Dini
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04-26)Perasaan cinta yang dimiliki setiap manusia adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Emosi dari kasih sayang tersebut bisa dirasakan manusia terhadap semua hal yaitu kepada Tuhan yang maha esa, cinta diri sendiri, ...