Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya by Title
Now showing items 252-271 of 548
-
Masalah Billiar Al Hassan Untuk Trapesium Sama Kaki
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Masalah yang dibicarakan adalah salah satu bentuk dari Masalah Biliar Al Hassan atau Alhazen Billiard Problem. -
Masalah Eigen Matriks Tak Terreduksi Berpangkat atas Aljabar Maks-Plus Interval
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Aljabar maks-plus adalah himpunan himpunan bilangan real dan yang dilengkapi dengan operasi maksimum dan plus ..Matriks atas aljabar maks-plus merupakan matriks yang elemen- elemennya adalah elemen .Matriks atas aljabar ... -
MATRIKS INVERS TERGENERALISIR
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengertian invers tergeneralisir dari suatu matriks, (2) untuk menentukan invers tergeneralisir dari suatu matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, ... -
Membangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematics
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan ... -
Menentukan Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Dengan Analisis Vektor
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)This article is a study on the ways of vector concepts to determine the distance in threedimensional space. Typically, mathematics learning has introduced three-dimensional to students at the middle school ... -
Mengaitkan Aspek Materi Prasyarat dalam Soal Eksplorasi Olimpiade Guru Nasional Matematika SMP Tahun 2017
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Soal eskplorasi merupakan soal yang mengembangkan aspek berpikir siswa yang menghubungkan dan mengaitkan materi – materi prasyarat, menyimpulkan dan melakukan analisis yang logis, membuat model matematikanya, menyusun ... -
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI CALON PENDIDIK KARAKTER BANGSA MELALUI PEMECAHAN MASALAH
(MUP, 2011-07)Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah pada mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga sebagai calon pendidik karakter bangsa. Subyek penelitian ini adalah ... -
Mengestimasi Beberapa Data Hilang (Missing Data) dan Analisis Varians untuk Rancangan Blok Acak Sempurna
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Dalam penelitian yang bersifat percobaan, pada pelaksanaannya bisa terjadi bahwa data percobaan yang diperoleh tidak lengkap, hal ini terjadi karena adanya data yang hilang (missing data), dengan terjadinya beberapa data ... -
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian tentang Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan artikel ini untuk mengetahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan ... -
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan hasil kajian meningkatkan kemampuan kamunikasi matematis siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Kemampuan komunikasi adalah salah satu kemampuan matematika yang harus ... -
Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII – B SMP N 2 Depok Sleman
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi inti Kurikulum 2013 siswa kelas VII – B di SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian tindakan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan ... -
Meningkatkan Keyakinan Diri Mahasiswa Menyelesaikan Tugas-tugas pada Mata Kuliah Teori Peluang
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Teori Peluang adalah salah satu dari beberapa mata kuliah, yang wajib untuk diajarkan pada program studi Statistika Departemen Matematika. Kenyataannya, terlihat bahwa mata kuliah Teori Peluang bagi sebagian mahasiswa ... -
Meningkatkan Mekanisme Keamanan Otorisasi Port Dengan Metode Simple Port Knocking Tunneling
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Port knocking merupakan teknik pertahanan yang digunakan untuk mencegah penyerangmelakukan scanning guna mendapatkan informasi tentang kelemahan service yang berpotensidieksploitasi. Port knocking merupakan sebuah metode ... -
Meningkatkan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study is to describe an increase in communication and mathematical reasoning skills students after learning with the learning model Treffinger Inequality Matter Linear Equations and One Variable. ... -
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-22)Penelitian ini bertujuan menenanamkan pembinaan berpikir logis untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa SMP.Jenis penelitian yang dipakai PTK dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII SMP Satap Negeri ... -
Meningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini ... -
Menumbuhkan Kreativitas Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan BANSHO
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan lingkaran dengan menggunakan Bansho. Adapun metode pembelajaran ... -
Menyelesaikan Soal Persamaan Diferensial Biasa (Tipe: A Special Transformation) dengan Prosedur Yang Sistematis
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Persamaan diferensial adalah persamaan yang memuat suatu turunan lebih dari satu variabel terikat terhadap lebih dari satu variabel bebas. Terdapat dua persamaan diferensial yaitu persamaan diferensial biasa dan parsial. ... -
Metode Beda Hingga Pada Kestabilan Persamaan Difusi Kompleks Dimensi Satu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Pada naskah makalah ini dibahas pendekatan beda hingga pada persamaan difusi. Persamaan differensial parsial dan masalah syarat awal dan syarat batas merupakan pokok bahasan terapan matematika yang salah satunya diterapkan ...