Metode Pembelajaran Perspektif Al – Qur’an yang Efektif untuk Pembelajaran Generasi Milenial
dc.contributor.author | Saputra, Ridwan Cahya | |
dc.contributor.author | Sari, Dhany Efita | |
dc.date.accessioned | 2019-05-28T06:18:46Z | |
dc.date.available | 2019-05-28T06:18:46Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Semarang: Unissula Press. Hal. 16. Asyafah, Abas. 2014. The Method of Tadabur Al – Qur’an: What Are Student Views?. International Education Studies, Vol. 7, No. 6. pp. 98 – 105. Cahyono, Guntur. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Al – Qur’an dan Hadist. Jurnal Ahwal al- Syahsiyah dan Tarbiyah STAI Mempawah, Vol. V, No. 1. Hal. 19 – 38. Fadillah. 2012. Kejujuran Salah Satu Pendongkrak Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 9, No. 3. Hal. 968 – 980. Faryadi, Qais. 2015. An Islamic of Theaching Philosophy: A Personal Justification. Jurnal of Research and Method in Education. Vol. 5, Issue 6. pp. 49 – 60. Hassin, N. H., dan Tamuri, A. H. 2019. Embedding Values in Teaching Islamic Education Among Excellent Teachers. Jurnal for Multicultural Education, doi: 10. 110 8 1 jme- 07-2017-0040. Hidayat, Nurul. 2015. Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Ta’allum, Vol. 03, No. 2. Hal. 135 – 150. Mirzaqon, Abdi. 2018. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa. Vol. 8, No. 1. Hal. 1 - 8. Najih, Syihabuddin. 2016. Mau’idzah Hasanah dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 6, No. 1, Hal. 144 – 169. Sabani, Noveliyati. 2018. Generasi Milenial dan Absurditas Debat Kusir Virtual. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, Vol. 48, No. 1. Hal. 95 – 108. Sholeh, Abdul Rahman. 2011. Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hal. 63. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10758 | |
dc.description.abstract | Masalah mendasar yang dihadapi pendidikan di era generasi milenial ini adalah tidak efektifnya metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk tercapainya tujuan pembelajaran, terutama di era generasi milenial saat ini. Al – Qur’an sebagai petunjuk dn pedoman untuk semua umat manusia, di dalamnya terdapat metode pembelajaran yang tepat dan efektif yang diyakini kebenarannya sampai akhir dari kehidupan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode apa saja yang terdapat di dalam Al – Qur’an yang efektif ketika digunakan dalam pembelajaran di era generasi milenial saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (studi kepustakaan). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat metode tadabur Al – Qur’an dan metode tadzkirah. Metode tersebut merupakan metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran era generasi milenial. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2019 | id_ID |
dc.title | Metode Pembelajaran Perspektif Al – Qur’an yang Efektif untuk Pembelajaran Generasi Milenial | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial