• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implikasi Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila (Antara Masalah Belajar Peserta Didik dan Solusinya)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (159.5Kb)
    Date
    2017
    Author
    Suratman, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Pancasila merupakan pendidikan yang sangat mendasar bagi bangsa dan negara Indonesia, karena akan berhubungan langsung dengan keberadaan Negara Kesatuan republik Indonesia dan jati diri bangsa Indonesia. Dalam keberlangsungan proses belajar mengajar, bagi peserta didik banyak mengalami kendala, yang bersumber dari dalam diri peserta didik, tingkat daya serap peserta didik yang berbeda, motivasi diri yang rendah untuk berprestasi, serta problemtika dari luar yang dihadapi peserta didik. Kompetensi Guru faktor penting dalam keberhasilan melaksanakan tugas pembelajaran di Sekolah. Implementasi Kompetensi Guru dalam pengelolaan pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perencanaan, langkah-langkah pelaksanaan, evaluasi hasil belajar dan pengembangan kecerdasan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai kompetensi yang dimiliki. Terkait dengan latar belakang tersebut, penelitian ini memfokuskan pada implementasi guru dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, yang berkaitan dengan masalah siswa dalam pembelajaran, dan solusinya. Untuk itu penelitian ini, melakukan studi literature dengan meneliti selama melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dari studi literature dan pengalaman penelitian dapat ditarik kesimpulan : (a) Kompetensi Guru akan berkembang, sejalan dengan motivasi melaksanakan tugas pembelajaran, pemahaman terhadap masalah peserta didik dalam belajar, serta kreatifitas solusi dari permasalahan tersebut, (b). Problematika belajar siswa sangat unik dan variatif, yang berkaitan denga sifat dasar individu, motivasi diri, dan dalam kehidupan kelompok, (c) Dengan implementasi kompetensi guru yang berkembang, dengan mengenali problematika belajar siswa, pendidik mampu menciptakan pembelajaran yang solutif, sehingan bisa meminimalisir problematika dan pembelajaran yang maksimal, (d) Pengembangan kompetensi guru sejalan dengan pelaksanaan tugas pembelajaran dalam memahami masalah belajar siswa akan berimplikasi solusif terhadap pembelajaran, (e). Dalam pembelajaran solusif akan mampu menciptakan situasi dan kondisi belajar yang kondusif, meningkatkan daya serap, motivasi, dan solusi pemasalahan peserta didik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10774
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV