dc.identifier.citation | [1] Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset [2] Bakornas Penanggulangan Bencana. 2007. Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indonesia. Direktorat Mitigasi Lahar BAKORNAS PB: Jakarta. [3] Darmoko. 2012. Pengaruh Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani. http://darmokoajalah.blogspot.co.id/2013/03/skripsi-pengaruh-media-buklet- terhadap.html (download on friday June 02 2017) [4] Kurniawan Lilik, Sugeng Triutomo, Ridwan Yunus, Mohd. Robi Amri, Arezka Ari Hantyanto. 2013. IRBI (Indeks Resiko Bencana Indonesia). BNPB [5] Nana Sudjana dan Ahmad Riva’i. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. [6] Nugroho, Kharisma, (2009). Preparedness Assessment Tools For Indonesia (PASTI).Jakarta: Humanitarian Forum Indonesia dan MDMC. [7] Putra, N. (2011). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [8] Pribadi, S. Krishna. 2008. Buku Pegangan Guru : Pendidikan Siaga Bencana. Bandung: Pusat Mitigasi Bencana – Institut Teknologi Bandung. Rendra Oxtora. 2016. Kalbar fokuskan kebakaran gambut. http://kalbar.antaranews.com/berita/342933/kalbar-fokuskan-pencegahan kebakarangambut [9] Ruswandi Dody, dkk. 2013. IRBI Indek Resiko Bencana Indonesia. BNPB. [10] Sanaky, AH. Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta, Penerbit KAUKABATA DIPANTARA. [11] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta Bandung. [12] Sopaheluwakan Jan, dkk. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Lipi – Unesco/Isdr. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana. Wardhani, P. (2012). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Konservasi Lingkungan untuk Pemelajaran Membaca Siswa SD Kelas Rendah.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [13] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa SMA dalam menghadapi
bencana alam di Kota Singkawang, menghasilkan media pembelajaran booklet
kesiapsiagaan. Media pembelajaran booklet merupakan alternatif bagi siswa di SMA Negeri 1,
SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 untuk penunjang pembelajaran, dengan mengetahui
perbedaan hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran booklet
materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Tempat penelitian direncanakan di SMA Negeri
Kota Singkawang pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Rancangan penelitian
menggunakan purposive random Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMA di Kota Singkawang, SMA Negeri 1 sebanyak 21 Siswa. SMA Negeri 2 sebanyak
28 Siswa dan SMA Negeri 6 sebanya 25 Siswa. Analisis data secara kuantitatif dengan metode
eksperimen dan teknik persentase, pengumpulan data dengan menggunakan angket
kesiapsiagaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dan uji lanjut
anava. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas
Hasil uji hipotesis menunjukkan perbandingan nilai probabilitas > 0,05 maka Ho diterima
dan nilai probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak dan jika nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho
ditolak yang berarti pemberian media pembelajaran Booklet dalam penelitian telah
mempengaruhi kesiapsiagaan siswa SMAN Kota Singkawang. Hasil kesiapsiagaan siswa dalam
menghadapi bencana menunjukkan nilai kesiapsiagaan tinggi dan sangat tinggi. Serta nilai
indeks gabungan termasuk dalam kategori Siap. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media
pembelajaran booklet layak digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Media
pembelajaran Booklet efektif dalam mempengaruhi dan meningkatkan hasil kesiapsiagaan
siswa dalam menghadapi bencana alam di Kota Singkawang. | id_ID |