Show simple item record

dc.contributor.authorKusumawati, Astriana Jihan
dc.contributor.authorSukirman, S
dc.contributor.authorPutra, Muhammad Miftakhul Rohadi
dc.date.accessioned2019-06-17T04:15:58Z
dc.date.available2019-06-17T04:15:58Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citation[1] Hartono, Andriyo Budi, Abdul Wahab. "Ketepatan Arah Kiblat Masjid-Masjid Di Wilayah Kecamatan Karang Pilang (Studi Analisis)." MAQASID 1.2 (2018). [2] P. Hendikawati, R. B. Veronika, and S. B. Waluya, “Pemanfaatan Komputer untuk Pengembangan Media Pembelajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar,” vol. 1, pp. 116–123, 2019. [3] H. D. Han, “Use of animation to facilitate students in acquiring problem-solving : From Theory to Practice,” vol. 16, no. 1, 2019. [4] C. Efficacy, “Three Dimensional Virtual Laboratories and Simulations for Education :,” pp. 167–169. [5] K. Huang, C. Ball, J. Francis, R. Ratan, J. Boumis, and J. Fordham, “Augmented Versus Virtual Reality in Education : Reality / Virtual Reality Mobile Applications,” vol. 22, no. 2, pp. 105–110, 2019. [6] D. Meidelfi, H. Adnan, and D. Setiawan, “Visualisasi 3D Gedung dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android : Studi Kasus,” vol. 18, no. 1, pp. 59–66, 2018. [7] QOHAR, A. A., Kamal, M. N., Ahdi, S., Sn, S., & Ds, M. PERANCANGAN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF ENSIKLOPEDIA ASTRONOMI UNTUK ANAK-ANAK. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1). 2018. [8] J. Bennett et al., “Mixed methods , mixed outcomes ? Combining an RCT and case studies to research the impact of a training programme for primary school science teachers,” Int. J. Sci. Educ., vol. 41, no. 4, pp. 490–509, 2019. [9] I. Agustina, D. Astuti, I. Yahdi, and Y. Budi, “Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students ’ Science Process Skills,” vol. 7, pp. 183–196, 2018. [10] R. A. Schles and R. E. Robertson, “The Role of Performance Feedback and Implementation of Evidence-Based Practices for Preservice Special Education Teachers and Student Outcomes : A Review of the Literature,” 2017. [11] M. Irfan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS TEKNIK ( SIMTEK ),” pp. 128–136, 2018.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10808
dc.description.abstractPembelajaran tentang benda-benda langit dan pergerakannya merupakan salah satu materi yang diajarkan di taman kanak-kanak (TK). Metode pembelajaran yang digunakan di TK tersebut masih konvensional, yaitu dengan cara menerangkan materi tanpa media atau alat peraga. Sehingga pergerakan benda langit tidak terlihat oleh siswa secara langsung. Untuk itu perlu dibuat suatu media yang mampu menunjukkan proses pergerakan benda langit melalui simulasi, salah satunya adalah teknologi berbasis virtual reality (VR). Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi VR untuk simulasi pergerakan benda langit. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pengujian analisis black box, yaitu analisis yang dilakukan dengan cara menguji fitur produk. Dari pengujian diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan aplikasi VR yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran terutama untuk simulasi pergerakan benda langit.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2019id_ID
dc.titlePengembangan Aplikasi Simulasi Benda Langit Berbasis Virtual Reality menggunakan Analisis Black Boxid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record