Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Herliyani
dc.contributor.authorLarasati, Wahyu
dc.date.accessioned2019-06-18T02:20:30Z
dc.date.available2019-06-18T02:20:30Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citation[1] Sutrisno, Afriyudi, Widiyanto, "Penerapan data mining pada penjualan menggunakan metode clustering study kasus PT.Indomarco Palembang",Universitas Bina Dharma,Palembang, 2013. [2] Giering, M, "Retail sales prediction and item recommendations using customer demographics at store level", SIGKDD Explorations, Volume 10 Issue 2, ACM New York, NY, USA,10.1145/1540276.1540301. p84-89, 2008. [3] Kusrini, "Grouping of Retail Items by Using K-Means Clustering", ISICO, Procedia Computer Science 72, pp.495 – 5027,2015. [4] Phrabu, S., Venatesan, N. "Data Mining And Warehousing, New Age International Publisher", 2007, pp.34-40 [5] Berry, M.J.A. dan Linoff, G. S., "Data Mining Techniques For Marketing, Sales, and Customer Relationship Management", Second Edition, Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana, 2004, [6] Larose, D. T., "Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining". John Wiley and Sons, 2005. pp: 116-126 and 153-158. ISBN: 0471666572. DOI: 10.1002/0471687545id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10824
dc.description.abstractKetersedian barang dan kelengkapan barang pada suatu toko adalah elemen yang sangat penting. Sehingga proses manajemen untuk mengatur ketersediaan persediaan barang sangat diperlukan untuk menghindari penumpukan barang yang sama dan kurang diminati oleh pelanggan. Selain itu manajemen proses untuk mengatur ketersedian persediaan barang yang dibutuhkan juga sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan barang tertentu yang paling banyak diminati oleh pelanggan. Untuk mengetahui barang yang laris, tidak laris di Restu Baru masih dalam satu query di database menggunakan Navicat, jadi di sort by berdasarkan query terbanyak maka dapat disebut barang laris, dan yang paling bawah disebut tidak laris.belum ada pengelompokan tersendiri, selain itu jika menginginkan informasi mengenai barang laris, kurang laris dan tidak laris harus menemui divisi IT. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil langsung data hasil penjualan di Restu Baru. Variabel penelitian tersebut meliputi nama produk, tanggal transaksi, jumlah persediaan barang dan jumlah penjualan. Periode waktu pengambilan data adalah bulan Juli 2018. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahap yang meliputi pengumpulan dan analisis data, perancangan algoritma K-Means Clusterring, perancangan proses, simulasi dengan Weka dan pengujian. Tahap pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan dengan simulasi Weka. Berdasarkan hasil pengujian berdasarkan perancangan K-Means Clusterring dengan simulasi menggunakan Weka menghasilkan keluaran yang sama yaitu cluster 1 terdapat 42%, cluster 2 terdapat 32%, cluster 3 terdapat 26%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2019id_ID
dc.titlePemanfaatan Data Mining untuk Mengelompokkan Kategori Penjualan Produkid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record