Show simple item record

dc.contributor.authorHarianto, Tri
dc.contributor.authorNur, Sitti Hijraini
dc.contributor.authorRauf, Ichsan
dc.contributor.authorMarfu'ah, Nurul
dc.date.accessioned2019-06-18T06:12:39Z
dc.date.available2019-06-18T06:12:39Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationAbdelrahman, G., 2010. Lightweight Fll Using Sand, Polystyrene Beads and Cement. Mesir, Institution of Civil Engineers. Bowles, J., 1986. Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Jakarta: Erlangga. Cui, Y. J. & Delage, P., 1996. Yielding And Plastic Behaviour Of An Unsaturated Compacted Silt. Geotechnique, pp. 291-311. Hidayat, D., Purwana, Y. M. & Pramesti, F. P., 2016. Analisis Material Ringan Dengan Mortar Busa Pada Konstruksi Timbunan Jalan. UMJ, pp. 1-10. Horvath, J. S., 1994. Expanded Polystyrene (EPS) Geofoam: An Introduction to Material Behavior. Geotextiles and Geomembranes , pp. 263-280. Horvath, J. S., 1997. The Compressible Inclusion Function of EPS Geofoam. Geotextiles and Geomembranes, pp. 77-120. Janz, M. & Johansson, S.-E., 2002. The Function of Different Binding Agents in Deep Stabilization, Swedia: Swedish Deep Stabilization Research Centre. Negussey, D. & Jahanandish, M., 1993. Comparison of Some Engineering Properties of Expanded Polysterene with Those of Soils. Volume 1418. Sharma, B. & Deka, A., 2016. Static Compaction Test and Determination of Equivalent Static Pressure. India, s.n., pp. 1-4. Venkatarama Reddy, B. & Jagadish, K., 1993. The Static Compaction of Soils. Geotechnique, pp. 337-341.id_ID
dc.identifier.issn2580-8834
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10845
dc.description.abstractKerusakan jalan sebagian besar disebabkan oleh rendahnya kapasitas dukung dari lapisan pondasinya dalam menerima beban kendaraan yang melintas diatasnya. Hal ini tidak lepas dari sifat material timbunan yang digunakan, baik itu sirtu, kerikil, maupun tanah. Material timbunan yang baik adalah material yang mempunyai daya dukung tinggi namun tidak menjadi beban untuk lapisan dibawahnya. Material timbunan ringan merupakan solusi untuk mereduksi kerusakan jalan akibat lapis pondasi pada konstruksi jalan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan material timbunan geokomposit ringan dengan mengganti sebagian tanah lempung dengan expanded polysterene (EPS) yang distabilisasi dengan limbah aspal buton (LAB). Variasi limbah aspal buton yang digunakan sebesar 3%,5%,7% dan 9%, sementara variasi EPS yang diberikan sebesar 0,1% dan 0,2%. Pemeraman benda uji dilakukan selama 7 dan 28 hari. Hasil pengujian menunjukkan bahwa subtitusi tanah dengan EPS mampu mereduksi kepadatan sebesar 20% hingga 30%, adapun nilai CBR meningkat sebesar 7 kali pada EPS 0,15% dan 4 kali pada EPS 0,30%. Berdasarkan hasil tersebut, maka geokomposit ringan tanah-EPS stabilisasi LAB dapat dijadikan sebagai timbunan alternatif baik sebagai lapis pondasi bawah (LPB) pada jalan maupun backfill dibelakang dinding penahan tanah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil IX 2019id_ID
dc.titleStudi Nilai CBR Geokomposit Ringan (Tanah-EPS) Stabilisasi Limbah Aspal Butonid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record