Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017 by Issue Date
Now showing items 21-40 of 40
-
Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Based Learning dan Numbered Head Together serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. ... -
Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi ... -
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linier bentuk cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)ABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ... -
Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakarta
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi ethnomatematika peninggalan budaya berupa bagian-bagian bangunan Masjid Agung di Yogyakarta yang dapat dijadikan media penyampaian konsep-konsep matematika. Penelitian ini ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Team Assisted Individualization dan Quiz Team Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Quiz Team terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan pemecahan masalah ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh metode pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan metode pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Baki
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baki dalam menyelesaikan soal himpunan. Kemampuan representasi matematis yang diteliti meliputi kemampuan ... -
Analisis Tingkat Kesulitan Soal Pemecahan Masalah dalam Buku Siswa Matematika Wajib SMA Kelas X Kurikulum 2013
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini Bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan tingkat kesulitan soal pemecahan masalah Matematika ditinjau dari komponen soal: jenis masalah, jenis bilangan, jenis operasi, banyak operasi, banyak pertanyaan, ... -
Smart Teacher dan Karya Nyata Matematika untuk Kemajuan Bangsa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14) -
Kajian Soal Pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2016) Menggunakan Framework PISA
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian soal-soal pada buku teks matematika siswa kelas VII semester 2 kurikulum 2013 (edisi revisi 2016) ditinjau dari framework PISA. Instrumen yang digunakan untuk ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil ... -
Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity
(2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten quantity.Jenis penelitian ini adalah ... -
Implementasi Penilaian Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas ... -
Program Magang Asisten Guru Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. (2) Menguji kontribusi pelaksanakan ... -
Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Based Learning (PBI) dan Discovery Learning (DI) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) Menganalisis dan menguji ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematik Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation(GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat ... -
Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)The purpose of the study is to describe students' understanding of the concept of Pythagoras on aspects of understanding and aspects of applying. This type of research is based on qualitative approach of ethnography design. ...