Now showing items 266-272 of 272

    • Ulasan Deskriptif Reliabilitas Alat Ukur Psikologi 

      Nurdjanah, Alifah; Kusumaningtyas, Anggit; Anggarawati, Desy; Fatmasari, Dhian; Sulistyorini, Henny; Widyasari, Risha; Fauziah, Savira Rifki; Widiastuti, Shinta (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan reliabilitas alat ukur psikologi. Data yang diambil pada penulisan ini berasal dari 4 jurnal yang bertemakan reliabilitas suatu alat ukur psikologi. ...
    • Ulasan Deskriptif Validitas dalam Suatu Alat Ukur 

      Pratama, Arief Yudha; Irawan, Asep; Uswandari, Baiq Dian; Cahyati, Iin; Minarsih; Laila, Rahma Noor; Fajriyati, Yasrin Nur; Ruzni, Amanue (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam validitas yang dipergunakan dalam jurnal penelitian tentang validitas alat ukur psikologi dan sejauhmana suatu alat ukur berfungsi secara akurat. Data diambil ...
    • Upaya Mengenalkan "Indahnya Persahabatan": Implementasi Pendidikan Berkarakter 

      Mayrita, Hastari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memuat mata pelajaran yang berorientasi pada penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 lebih mengarahkan peserta didik untuk memiliki potensi diri yang berkarakter ...
    • Upaya Pengendalian Preventif Kekerasan Anak Yang Berdampak Pada Perilaku Menyimpang 

      Enggarani, Nuria Siswi (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Anak merupakan generasi harapan bangsa dalam satuan terkecil di masyarakat yaitu keluarga yang menempati kedudukan yang primer dan fundamental. Perkembangan mental jasmani anak tidak bisa terlepas dari peran keluarga dan ...
    • Validasi Alat Ukur Nilai Dasar Insani (Basic Human Values) 

      Yuwanto, Listyo; Maria, Cyntia; Septine, Sonya; Santoso, Meliawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Terdapat 10 nilai dasar insani (basic human values) yang berlaku universal, yaitu achievement, power, hedonism, stimulation, self-direction, security, conformity, tradition, universalism, dan benevolence (Schwartz, 1992). ...
    • Validasi Konstruk Instrumen Penilaian Akhlak Peserta Didik 

      Prihatini, Septimar (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Untuk menilai ketercapaian akhlak peserta didik dapat dilakukan bila telah diidentifikasi konstruk akhlak. Konstruk akhlak dapat dikembangkan melalui beberapa pendekatan , salah satunya dengan menggunakan pendekatan akhlak ...
    • Validasi The Gratitude Questionnare (GQ-6) 

      Yuwanto, Listyo; Maria, Cyntia; Septine, Sonya; Santoso, Meliawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Bersyukur (gratitude) merupakan salah satu karakter penting demi tercapainya kebahagiaan dan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang terdampak Erupsi Merapi. Terapi bersyukur merupakan bentuk trauma healing yang dilakukan ...