Browsing Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 by Issue Date
Now showing items 21-35 of 35
-
Peningkatan Aktivitas Siswa melalui Pendekatan Kontekstual berbasis Alam dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat abstrak. Akan tetapi, fakta tersebut bertolak belakang dengan tahapan perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar yang masih pada tahap operasional konkret. ... -
Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1D MIMBA
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini dilaksanakan karena masih kurangnya kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas ID MI Modern Bani Adam (MIMBA) Boyolali. Dari 34 siswa pada data awal siswa yang berkategori rendah ada 16 Siswa ... -
Peningkatan Minat Belajar IPS melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi bagi Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Analisis Kesenjangan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) (Analisis Isi Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Berita Media Internet atau Online)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran polri pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum 2013. Untuk mendeskripsikan ... -
Pembelajaran Berpendekatan Local Wisdom di Boyolali sebagai Materi Ajar Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan, pertama; Bagaimana wujud cerita rakyat berbentuk ebook yang bernilai keagamaan sebagai materi bahasa Indonesia berpendekatan local wisdom?, kedua; Bagaimana kesesuaian cerita ... -
Motivasi Orangtua SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari Memilih Sekolah berbasis Kurikulum Syariah
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. 1) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi intrinsik orangtua memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi ekstrinsik orangtua memilih sekolah ... -
Pengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 yang valid.Metode yang ... -
Peningkatan Hasil Belajar PPKn menggunakan Media Puzzle Pancasila pada Siswa Kelas IA di SD Negeri Rambutan 03 Pagi
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada prinsipnya memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap dan nilai moral siswa guna menyiapkan warga negara Indonesia yang lebih baik (a good citizen), berpartisipasi aktif ... -
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserrta Didik dalam Menghitung Pola Bilangan melalui Media Head and Hand
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam menghitung pola bilangan dengan menggunakan media Head And Hand pada peserta didik kelas IC SD Negeri 03 Jaten. Bentuk ... -
Model Pembelajaran "Who Wants to Be a Winner?" sebagai Pengembangan Evaluasi Berorientasi HOTS
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran “Who Wants To Be A Winner?” sebagai Pengembangan Evaluasi berorientasi HOTS. Konsep penerapan model pembelajaran “Who ... -
HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pesatnya perkembangan pengetahuan sains menuntut pertambahan konsep-konsep sains yang harus dipelajari siswa. Sebagai akibatnya, perlu ada pemilihan konsep-konsep essensial yang dipelajari siswa. Konsep-konsep essensial ... -
Alam Takambang sebagai Mitra Guru dalam Pendekatan Sainstifik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pada dasarnya, anak usia sekolah dasar memiliki daya imajinasi dan jiwa petualang yang tinggi dalam mengekspresikan bakat, minat, dan kreatifitas yang dilakukan dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. Sedangkan ... -
HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Visi pendidikan pada abad 21 berdasarkan pada paradigma learning adalah belajar berpikir yang berorientasi pada pengetahuan logis dan rasional, belajar berbuat yang berorientasi pada bagaimana mengatasi masalah, belajar ... -
Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan ... -
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Masalah di Kelas X SMA Lab. School Pulau Arar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Lab. School Pulau Arar dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ...