Penggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model
matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI
Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian
siswa kelas VI berjumlah 24, 9 siswa laki-laki, 15 perempuan di MI Muhammadiyah Kupang
Karangdowo Klaten pada Semester I tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus satu
merupakan penggunaan alat peraga perkalian model matrik sedangkan siklus dua merupakan
tindak lanjut siklus satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes.
Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Validasi data menggunakan
trianggulasi sumber yang melibatkan teman sejawat, kepala madrasah dan subjek penelitian itu
sendiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi.
Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat peraga model matrik dapat
meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah
Kupang Karangdowo Klaten semester I tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan tersebut dilihat
dari hasil rata rata nilai siswa pra siklus sebesar 60,2, siklus I sebesar 65,6, dan siklus II sebesar
73,5. Dan nilai ketuntasan belajar pra siklus sebesar 29,2%, pada tahap siklus I sebesar 50,0% dan
meningkat pada siklus II sebesar 95,8%.