• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (318.3Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Syukur, Abdulah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian siswa kelas VI berjumlah 24, 9 siswa laki-laki, 15 perempuan di MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten pada Semester I tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus satu merupakan penggunaan alat peraga perkalian model matrik sedangkan siklus dua merupakan tindak lanjut siklus satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber yang melibatkan teman sejawat, kepala madrasah dan subjek penelitian itu sendiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten semester I tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan tersebut dilihat dari hasil rata rata nilai siswa pra siklus sebesar 60,2, siklus I sebesar 65,6, dan siklus II sebesar 73,5. Dan nilai ketuntasan belajar pra siklus sebesar 29,2%, pada tahap siklus I sebesar 50,0% dan meningkat pada siklus II sebesar 95,8%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11173
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV