dc.contributor.author | Pahlevi, Ardiansyah Widya | |
dc.date.accessioned | 2019-07-24T10:29:02Z | |
dc.date.available | 2019-07-24T10:29:02Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. 2011. Jakarta: Rineka Cipta Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan, 2010, Jakarta: Rineka Cipta Javed, Muhammad., Wu Xiao Juan., & Saima Nazli. (2013). A Study of Students‟ Assessment in Writing Skills of the English Language. International Journal of Instructio. Volume 6 Nomor 2 . 4 Muhadyaharjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. 2012. Jakarta: Rajawali Pers Mustikowati, Dewi., Eka Wijayanti., Julung Darmanto. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 1 Nomor 1. 40-41 Prasetya, Ignatius Gemilau Ragil., Rachmat Djati Winarno., & Praharesti Eriany. (2013). Bimbingan Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajarpada Siswa Kelas VII. Kajian Ilmiah Psikologi. Volume 2 Nomor 1, Januari - Juni 2013. 2 Sutanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Tohirin. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11177 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pelaksanakan bimbingan belajar menulis
permulaan, (2) peran guru dalam melaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (3) kendala
dan solusi guru dalam memberikan bimbingan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD
Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif
(qualitative research) dan menggunakan desain penelitian studi kasus tunggal. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan reduksi data, penyajian data, dan klarifikasi data. Keabsahan data penelitian ini dengan
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan bimbingan
belajar menulis permulaan merupakan tanggung jawab dari guru kelas 1 sehingga guru kelas 1
diharapkan dapat membimbing dan memberikan materi yang berkenaan dengan peningkatan
kemampuan keterampilan menulis, (2) peran guru dalam melaksanakan bimbingan belajar menulis
permulaan yaitu melalui pengenalan huruf, menyalin, menulis halus atau indah, menulis nama, dan
mengarang sederhana serta penggunaan media dalam pembelajaran menulis permulaan, (3) kendala
guru dalam melakukan bimbingan menulis permulaan adalah kurangnya fokus dan perhatian siswa,
siswa asyik bermain sendiri maupun dengan teman sebangku, kesenjangn usia yang mengakibatkan
siswa mengalami keterlambatan dalam menerima materi menulis. Solusi guru dalam menangani
kendala tersebut adalah dengan usaha guru sendiri yang merupakan tanggung jawab guru dalam
kegiatan pembelajaran. Salah satu usaha guru dalam mengatasi kendala menulis permulaan adalah
memberikan jam tambahan bagi siswa yang mengalam keterlambatan dalam menulis, bimbingan
belajar yang intensif dan berkesinambungan untuk mengambangkan keterampilan menulis. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Peran Guru dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |