Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Islam 1 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran problem based learning (pbl) siswa kelas VII C SMP Al-Islam I Surakarta tahun ajaran
2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek
penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII C
SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kreativitas belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator, yaitu : 1) Memiliki rasa ingin tahu yang besar
sebelum tindakan sebanayak 6 siswa (24% ) dan di akhir tindakan sebanyak 21 siswa (84%), 2) Sering
mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (16%) dan di akhir tindakan sebanyak 23
siswa (92%), 3) Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah sebelum tindakan
sebanyak 5 siswa (20%) dan di akhir tindakan sebanyak 19 siswa (76%), 4) Mampu menyatakan secara
spontan dan tidak malu-malu sebelum tindakan 5 siswa (20%) dan di akhir tindakan sebanyak 20 siswa
(80%). Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) dapat
meningkatkan kreativitas belajar IPS siswa bagi siswa kelas VII C SMP AL-Islam 1 Surakarta tahun
ajaran 2016/2107.