Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik
Abstract
Muatan pembelajaran tematik sekolah dasar kini begitu berkembang sesuai
zamannya. Salah satunya pada muatan sosial seperti Pendidikan Kewarganegaraan
dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pendidikan yang berguna untuk
pembentukan kepribadian seseorang. Keaktifan siswa perlu dikembangkan dalam
pembelajaran sehingga siswa mampu mengembangkan potensinya dengan
penggunaan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi. Salah satu strategi yang
bisa digunakan adalah strategi Puzzle Drama dimana mampu memfasilitasi
keaktifan belajar peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi
pustaka dengan menuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran pada tema yang
dimaksudkan. Aspek – aspek kognitif anak secara tidak langsung terasah melalui
pengamatan kegiatan yang berlangsung kemudian akan terekam konsep
pengetahuan yang dibangun oleh siswa sendiri. Selanjutnya aspek afektif anak
akan diperdalam melalui kegiatan kerjasama yang kompleks dengan teman sekelas
dan aspek psikomotor anak juga terasah dengan kegiatan bermain Puzzle sehingga
motorik halus anak akan berkembang.