• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra SD

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (216.1Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Saifudin, Fakhrur
    Sukma, Hanum Hanifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa calon guru SD penempuh mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia. Sumber data penelitian berasal dari aktivitas dan tindakan selama proses pembelajaran dimulai dengan perencanaan, implementasi, dan penilaian dengan mengintegrasikan kosep PCK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai dasar untuk menentukan sejauh mana kajian PCK dalam pembelajaran pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik keabsahan data menggunakan tringaulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dimulai dari sajian data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penetian ini mendeskripsikan tentang muatan PCK dalam makul P3 bahasa dan Sastra SD. Wujud muatan tersebut diintegrasikan dalam beberapa proyek yang telah dilakukan mahasiswa antara lain: penyusunan RPP, modul, media, dan penilaian. Berdasarkan temuan data bahwa mahasiswa telah mengintegrasikan muatan (content) berupa kemampuan berbahasa dan bersastra yang dituangkan dalam bentuk kerja mandiri siswa. Selanjutnya, muatan pedagogi diintegrasikan dalam teks yang dibangun dalam sebuah jalinan tema-tema. Kajian aspek PCK yang ditemukan bahwa mahasiswa telah memenuhi muatan content dan pedagogi dalam penyusunan perangkat bahan ajar yang telah dibuat. Sehingga mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar tematik SD sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Dalam praktiknya, mahasiswa mengaitkan materi-materi yang lain sebagai wujud pembelajaran tematik dalam kerangka PCK.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11183
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV