Show simple item record

dc.contributor.authorNasori, Nur Hidayah
dc.date.accessioned2019-07-24T13:08:25Z
dc.date.available2019-07-24T13:08:25Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationHasan,Nor. (2006). Full Day School (Model Alternatif PembelajaranBahasa Asing). Jurnal Pendidikan. Tadris. Vol 1. Nol. Daryanto & Mohammad Farid.(2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan diSekolah. Yogyakarta: Gava Media. Fattah. Nanang(2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Matin.(2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada Suharsaputra, Uhar. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama. Supriadi, Dedi.(2010). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakaryaid_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11189
dc.description.abstractPembiayaan merupakan salah satu keberhasilan dari program sekolah. Agar seluruh penyelenggaraan kegiatan sekolah berjalan dengan baik diperlukan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan sekolah.Kemandiriaan sekolah dalam mengelola pembiayaan merupakan hal sangat penting dalam keseluruhan rangkaian manajemen pembiayaan meliputi sumber dana pembiayaan, perencanaan pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, dan pengawasan pembiayaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan bendahara sekolah. Objek penelitian ini adalah kemandirian sekolah, manajemen pembiayaan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi tekhnik dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemandirian dalam pencarian sumber dana pembiayaan sudah berjalan dengan baik diperoleh dengan pengalokasian sumber biaya untuk penganggaran program sekolah. 2) kemandirian dalam perencanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam perencanaan penggunaan anggaran pembiayan sekolah. 3) kemandirian dalam pelaksanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik, dimulai dari ketentuan oleh BOS sampai dengan pengalokasian sarana dan prasarana sekolah. 4) pengawasan pembiayaan sudah berjalan dengan baik, dari kegiatan, dan waktu pengawasan pertanggungjawaban pembiayaan yang bersifat transparasi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleKemandirian Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record