HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA SD
View/ Open
Date
2019-01Author
Hikmah, Sofiana
Devani, Anggrianita
Ngazizah, Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Pesatnya perkembangan pengetahuan sains menuntut pertambahan konsep-konsep sains yang harus
dipelajari siswa. Sebagai akibatnya, perlu ada pemilihan konsep-konsep essensial yang dipelajari
siswa. Konsep-konsep essensial ini dipilih berdasarkan pada pentingnya konsep tersebut untuk
kehidupan siswa dan pentingnya memberikan pengalaman belajar tertentu kepada siswa agar
memperoleh bekal kemampuan literasi sains yang memadai. Kemampuan literasi sains merupakan
salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki setiap anak didik dalam menghadapi era
persaingan global. Seseorang dapat dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila mampu
menelaah suatu pemasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru.
Kemampuan ini dikenal juga sebagai HOTS (High Order Thinking Skills) atau keterampilan berpikir
tingkat tinggi. High Order Thinking Skills ini meliputi di dalamnya kemampuan pemecahan
masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan
mengambil keputusan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan
kaitan antara HOTS dalam pembelajaran dengan kemampuan literasi sains. Dalam kurikulum 2013
ada peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap,
keterampilan dan pengetahuan. Aspek-aspek tersebut didukung dengan kemampuan sains.