dc.contributor.author | Rahmawati, Syarifah Erma | |
dc.date.accessioned | 2019-07-25T02:26:22Z | |
dc.date.available | 2019-07-25T02:26:22Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Ahmed et al. 2013. Determinants of School Choice: Evidence from Rural Punjab, Pakistan. CREB Working Paper No. 01-13. Pakistan Hashim, Rosnani; Rufai, Saheed Ahmad; & Nor, Mohd Roslan Mohd. 2011. ”Traditional Islamic Education in Asia and Africa: A Comparative Study of Malaysia‟s Pondok, Indonesia‟s Pesantren and Nigeria‟s Traditional Madrasah”. World Journal of Islamic History and Civilization, 1 (2): 94-107, 2011. Prasetyo dan Zuhri (2007:170-189)” Motivasi Mahasiswa Thailand untuk Belajar di Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta”. SUHUF, Vol. 19, No. 2, November 2007. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sonmez, Selami. 2013. ”Primary Education System in Ottoman Empire”. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3 No. 5; March 2013, pp. 163-170. Supriyanto, Agus. 2012. “Persepri Guru Matematika Terhadap Kurikulum Sekolah Syariah serta Implikasinya dalam Pembelajaran”. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang. Media Nusa Creative. Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11197 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. 1) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi intrinsik orangtua
memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi ekstrinsik
orangtua memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, dan 3) Mendeskripsikan harapan orangtua
setelah anaknya lulus dari sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program
Khusus Tinawas, Nogosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
desain penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan
tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa
faktor-faktor yang menyebabkan orangtua termotivasi memilih sekolah berbasis kurikulum syariah
di SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari terdiri dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.
Faktor-faktor intrinsik yang menyebabkan orang tua termotivasi memilih sekolah berbasis
kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari antara lain: (1) keinginan agar
anak menjadi sholeh dan sholehah, (2) keinginan agar anak menguasai ilmu umum dan ilmu agama,
(3) keinginan agar anak menjadi anak yang mandiri, berani dan bertanggung jawab,(4) berprestasi,
(5) kebutuhan orang tua menitipkan anak, Sedangkan faktor-faktor ekstrinsik yang menyebabkan
orang tua termotivasi memilih sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program
Khusus Nogosari antara lain: (1) lokasi sekolah dan lingkungan, (2) sarana fisik, (3) visi dan misi
sekolah, (4) porsi pendidikan agama, (5) profil pendidik, (6) kurikulum pembelajaran, (7) alternatif
aktivitas, (8) ketertiban dan kebersihan sekolah, (9) keterampilan skolastik, (10) biaya, (11) prestasi
dan keberhasilan alumninya. Harapan orang tua setelah anaknya lulus dari SD Muhammadiyah
Program Khusus yaitu menjadi anak sholeh dan sholehah serta dapat bertanggung jawab terhadap
diri sendiri maupun orang lain. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Motivasi Orangtua SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari Memilih Sekolah berbasis Kurikulum Syariah | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |